PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA EDMODO
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.63Keywords:
motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, media EdmodoAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media edmodo, 2) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media edomodo, 3) untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terkait penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media edomodo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian ini seluruh mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja sebanyak 20 orang mahasiswa. Obyek penelitian adalah motivasi belajar mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA SD. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) terjadi peningkatkan motivasi belajar mahasiswa dari 66,27% pada siklus I menjadi 82,25% pada siklus II, atau peningkatan sebesar 15,98% berada pada kategori baik, 2) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari 69,50% pada siklus I menjadi 84,40% pada sisklus II atau peningkatan sebesar 15% berada pada kategori baik, 3) persentase rerata respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran sebesar 80,10% berada pada kategori baik.
References
Adnyani, S. (2014). Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 114-122
Arends, R. (2004). Learning to teach. 6th Ed. New York: McGraw-Hill Co.Inc.
Basori. (2013). Pemanfaatan sosial learning network “edmodo” dalam membantu perkuliahan teori bodi otomotif di prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK, 6(2)
Ennis, R.H. (1985). “Goals for a critical thinking curriculum” in A.L Costa (ed). Developing minds: A resource book for teaching thinking. Alexandria: ASCD, 54-57
Fahrudin, E. & Rohmani, M. (2016). Penerapan metode e-learning menggunakan edmodo di SMK gema bangsa untuk meningkatkan mutu pembelajaran di bidang iptek. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, 379-388
Hamzah B.U. (2012). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Marzano, R.J. (1988). Dimensions of thinking: A Framework for curriculum and instruction. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Develompent (ASCD)
Putra, S I B. (2012). Implementasi problem base learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari intelegence quetiont (IQ). Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Rahayu. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model problem base learning melalui lesson study. Jurnal Pendidikan.JPII, 1(1), 63-70
Redhana, I W. (2011). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha
Sulasmiasih. (2015). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas vi sd gugus ii kecamatan tejakula tahun pelajaran 2014/2015. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5(2015)
Suriadhi, G.D. (2014). Pengembangan e-learning berbasis edmodo pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP di SMP negeri 2 singaraja. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 4(1)
Susilo, A.B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Elementary Education, 1(1)
Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana
Triling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century skills learning for life in our times. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc