PENGEMBANGAN MEDIA JARINGAN EPIDERMIS TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) YANG TUMBUH DI KOTA KUPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR TAMBAHAN PEMBELAJARAN IPA SD BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Muhaimin H Lamahala Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Sumarni Lamen Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Uslan Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia

Keywords:

Epidermis, Jagung, Kearifan Lokal, Leaflet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jaringan epidermis tanaman jagung (Zea mays l.) yang tumbuh di Kota Kupang sebagai sumber belajar tambahan Pembelajaran IPA SD berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode berupa eksploratif deskriptif untuk menggambarkan dan menginterpretasi jaringan epidermis jagung (Zea mays L.) dan metode yang merujuk pada langkah-langkah Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan secara anatomi jaringan epidermis pada tanaman jagung di NTT tidak memiliki perbedaan yang jelas dengan wilayah lainnya. Hasil dari karakteristik anatomi jagung menghasilkan produk Leaflet yang telah divalidasi oleh validator dan telah layak digunakan di lapangan dengan sedikit revisi dengan nilai yaitu 3,5.

References

Basri, K.I., & Basri, K,.S. (2017). Pengembangan perangkat asesmen pembelajaran proyek pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Tesis. Universitas Muhammadiyah Kupang.

Hadi, M.A., Irawati, H.M., & Suhadi. (2016). Karakteristik morfo-anatomi, struktur vegetatif spesies rhizopora apiculata (rhizoporaceae). Jurnal PendidikanTeori, Penelitian dan Pengembangan, 1(9), (pp.1688-1692).

Karyadi, B., Ruyani, A., Susanta, A., & Dasir, S. (2016). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal pada sekolah menengah pertama di wilayah Bengkulu Selatan (Pemanfaatan ikan mungkus (sicyopterus cynocephalus) sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sains di SMPN 20 Bengkulu Selatan). Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), (pp. 231-238).

Kawiyah, S. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2), (pp.201-210)

Khoirunisa, (2014). Pengembangan media tiga dimesni jaringan batang penyusun tumbuhan dikotil sebagai bahan ajar biologi kelas VIII SMP/MTs. Skripsi.Prodi Pendidikan Biologi. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Maulana, M.A. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis leaflet pada materi sistem sirkulasi kelas XI Man I Makassar. Skripsi Publikasi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Murningsih,T.,Yulita, K.S., Bora, C.Y & Arsal, I.G.B.A. (2015). Respon tanaman jagung varietas lokal NTT umur sangat genjah (pena tunu’ ana’) terhadap cekaman kekeringan. Berita Biologi, 4 (1), (pp.49-55).

Nurhayati, Mukarlina, dan Linda, R. (2016). Struktur anatomi akar, batang dan daun anthurium plowmanii croat., anthurium hookeri kunth. dan anthurium plowmanii × anthurium hookeri. Jurnal Protobiont, 5 (1), (pp.24-29).

Saraswati, D. (2015). Membuat preparat stomata. Laporan Praktikum Botani di publikasi. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. (https://desisaraswati69.wordpress.com/ Diakses Pada Tanggal 18 juli 2018).

Syafitri, P.I. 2014. Identifikasi Struktur Anatomi Daun Tanaman Beringin (Ficus spp.) Serta Implementasinya Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMPN 1 Curup. Skripsi Publikasi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.

Subagio, H. & Aqil, M. (2013). Pengembangan produksi sorgum di Indonesia. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian, 2013. (pp.199 – 214).

Wijayanti, A. (2016). Pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Skripsi Publikasi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Yulanda, Rampe, L.H., & Rumondor, J.M. (2011). Struktur sel epidermis dan stomata daun beberapa tumbuhan suku orchidaceae. Jurnal Bioslogos, 1(1), (pp.14-19).

Zai, Sartika. 2016. Identifikasi Karakter Morfologis dan Hubungan Kekerabatan Beberapa Genotip Stroberi (Fragaria sp.) di Kabupaten Karo. Skripsi Publikasi. Program Studi Agroekoteknologi. Jurusan Pemuliaan Tanaman. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Downloads

Published

2019-03-15

How to Cite

Lamahala, M. H., Lamen , S. ., & Uslan. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA JARINGAN EPIDERMIS TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) YANG TUMBUH DI KOTA KUPANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR TAMBAHAN PEMBELAJARAN IPA SD BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(2), 15–25. Retrieved from http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/5

Issue

Section

Articles

Citation Check