EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.3830Keywords:
Discovery Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar PKn IV pada topik pola hidup bergotong-royong di sekolah dasar MIS AL-Fitrah Oesapa Kota Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pra-ekperimen, dimana hanya menggunakan 1 kelas dalam penelitian. Rancangan penelitian menggunakan one group pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS AL-Fitrah Oesapa yang berjumlah 20 siswa, menggunakan nonprobability sampling sampling jenuh sebagai teknik penarikan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yakni tes hasil belajar yang menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 25 soal pafa materi pola hidup gotong royong. Hasil penelitian rata-rata untuk kelas pretest adalah 62,00, dan kelas posttest dengan rata-rata 72,50. Dengan berdasarkan hasil uji analisis statistik diperoleh bahwa kedua data berdistribusi normal dan homogen, sehingga pengujian hipotesisi dapat dilakukan dengan menggunakan uji independen sampel t-test. Hasil perhitungan uji-t pretest-posttest pada taraf signifikansi 0.05 dengan df 38 di peroleh nilai sig. 0.000< 0.05 sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 di terima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar PKn IV pada topik pola hidup bergotong-royong di sekolah dasar MIS AL-Fitrah Oesapa Kota Kupang.
References
Agustina, S. Hasibuan., Fitri Aulia Nazwa., Putri Handayani. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. JISER: Journal of Islamic and Scientific Education Research. Vol. 01 No. 01. Hal 51-59.
Aiman,U & Sunimbar, (2020). Keterampilan Proses Sains Siswa SD Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi Proses Menggunakan Suplemen LKS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Vol 7, No 1. Pp 75-83.
Eskris, Y. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD. Mahaguru?: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Fitriyah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Man Model Kota Jambi Fitriyah,. Jurnal Pelangi, 9(2).
Lastia, I. N. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Action Research, 5(1), 74-79, ISSN 2543-3272.
Lidiana, H., Gunawan., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.
Medianty. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. ALOTROP: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 58–65.
Meilani, Dian., Ummu, Aiman. 2020. Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 4, No. 1.19-24 ISSN: 2597-4866.
Muryani, A, D., & Rochmawati (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Yang Berbantuan dan Tanpa Berbantuan Lembar Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi.
Purwanto. (2023).Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD. Scholaria?: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1). Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2023.V6.I1.P84-92
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91–94.
Qodariyah, Hendriana. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Discovery Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol.2.No.3.
Sari, P, I., Gunawan., & Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.
Soi, Yasinta., Ummu Aiman. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020 Pendidikan di Masa Pandemi: Menelaah dari Daerah” ISBN 978-623-6613-01-6; Publikasi Online 5 September 2020.
Sufiati, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, ISSN 2797-0744.
Suryaman. (2019).Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD. Scholaria?: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1). Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2016.V6.I1.P84-92
Susanto, A (2013). Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Upik, Indo., Ummu, Aiman. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Lks Pada Subtema 1 (Suhu Dan Kalor) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didikkelas V SD Inpres Rumang Kabupaten Lembata. Proseding Seminar Nasional. Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Wils, W. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDI Lasiana. Journal Of Character And Elementary Education, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.