PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ummu Aiman Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Suma Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, literasi sains, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains dan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experimen)  dengan rancangan penelitian “Single Factor  Independent Group Design”. Populasi penelitian sebanyak 110 siswa. Dari 110 siswa populasi tersebut, 50 siswa ditetapkan sebagai sampel, yang ditarik dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes objektif. Data dianalisis dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan literasi sains siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang  mengikuti  model pembelajaran ekspositori, (2) terdapat perbedaan berpikir kritis siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti  model pembelajaran ekspositori, (3) terdapat perbedaan secara simultan literasi sains dan berpikir kritis siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran ekspositori.

References

Abidin, Y., Tita M., Hana Y. (2017). Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara. ISBN: 978-602-444-077-0.

BNSP. (2006). Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Cahyana, U., Abdul K., Monalisa G. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tahun 26 Nomor 1, Mei 2017, hlm 14-22.

Dianawati, Ni Luh Pt., Putu N. R., Ketut, P. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.

Eviani., Sri U., Tahmid S,. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (7): 1-13.

Yuriza, P. A., Adisyahputra., Diana V. Sigit. (2018). “Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Tingkat Kecerdasan dengan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Biologi (biosferjpb). Tahun 2018, Volume 11 No 1. 13-20 E-ISSN: 2614-3984.

Gherardini, M. (2016). “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Literasi Sains”. Jurnal Pendidikan Dasar.Volume 7 Edisi 2 Desember 2016.

Muspita, Z,. I. W. Lasmawan., Sariyasa. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Aikmel”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Dasar Volume 3 Tahun 2013.

OECD (2015). PISA 2015: Assessment and Analytical Framework Science, Reading, Mathematic And Financial Literacy. Paris: OECD.

Wijaya, I. W., I. Wayan. L., I. W. Suastra. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belalar IPA Ditinjau dari Minat Siswa Terhadap IPA pada Siswa SD di Gugus IV Kecamatan Manggis”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar .Vol 5 Tahun 2015.

Yuliati, Y. (2017). “Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA”. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 3 No.2. p-ISSN: 2442-7470. e-ISSN: 2579-4442.

Zainab., Mustika W., Sarah M. (2017). “Pengembangan Instrumen Kognitif Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Tekanan Di Kelas VIII Smp Kota Banjarmasin”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol 1 No. 3 Oktober 2017.

Downloads

Published

2019-11-25

How to Cite

Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. . (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209. Retrieved from http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/37

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)