PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
pembelajaran berbasis masalah, literasi sains, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains dan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experimen) dengan rancangan penelitian “Single Factor Independent Group Design”. Populasi penelitian sebanyak 110 siswa. Dari 110 siswa populasi tersebut, 50 siswa ditetapkan sebagai sampel, yang ditarik dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes objektif. Data dianalisis dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan literasi sains siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran ekspositori, (2) terdapat perbedaan berpikir kritis siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran ekspositori, (3) terdapat perbedaan secara simultan literasi sains dan berpikir kritis siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran ekspositori.
References
Abidin, Y., Tita M., Hana Y. (2017). Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara. ISBN: 978-602-444-077-0.
BNSP. (2006). Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Cahyana, U., Abdul K., Monalisa G. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tahun 26 Nomor 1, Mei 2017, hlm 14-22.
Dianawati, Ni Luh Pt., Putu N. R., Ketut, P. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.
Eviani., Sri U., Tahmid S,. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (7): 1-13.
Yuriza, P. A., Adisyahputra., Diana V. Sigit. (2018). “Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Tingkat Kecerdasan dengan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Biologi (biosferjpb). Tahun 2018, Volume 11 No 1. 13-20 E-ISSN: 2614-3984.
Gherardini, M. (2016). “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Literasi Sains”. Jurnal Pendidikan Dasar.Volume 7 Edisi 2 Desember 2016.
Muspita, Z,. I. W. Lasmawan., Sariyasa. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Aikmel”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Dasar Volume 3 Tahun 2013.
OECD (2015). PISA 2015: Assessment and Analytical Framework Science, Reading, Mathematic And Financial Literacy. Paris: OECD.
Wijaya, I. W., I. Wayan. L., I. W. Suastra. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belalar IPA Ditinjau dari Minat Siswa Terhadap IPA pada Siswa SD di Gugus IV Kecamatan Manggis”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar .Vol 5 Tahun 2015.
Yuliati, Y. (2017). “Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA”. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 3 No.2. p-ISSN: 2442-7470. e-ISSN: 2579-4442.
Zainab., Mustika W., Sarah M. (2017). “Pengembangan Instrumen Kognitif Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Tekanan Di Kelas VIII Smp Kota Banjarmasin”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol 1 No. 3 Oktober 2017.