PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PENGUASAAN LITERASI SAINS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.327Keywords:
guided inquiry, lembar kerja siswa, literasi sainsAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran guided inquiry berbantuan lembar kerja siswa terhadap penguasaan literasi sains pada materi perubahan wujud benda kelas V SD MI Darul Hijrah Madani Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yakni eksperimen dengan jenis pra eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest design” . Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD MI Darul Hijrah Madani Kota Kupang yang berjumlah 30 orang. Dalam pengambilan sampel penggunaan teknik purposive sampling berjumlah 30 orang. Dimana melakukan pretest tanpa adanya perlakuan, kemudian posttest diterapkan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKS. Data yang dikumpulkan melalui tes objektif (pilihan ganda) pada materi perubahan wujud benda. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknis analisis statistika yaitu menggunakan uji T. Setelah dianalisis hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan literasi sains peserta didik antara pretest dan posttest dapat dilihat dari hasil perhitungan Uji T yakni dengan df 15, nilai signifikansinya 0,000 yang berarti < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan adanya efek yang disignifikan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKS terhadap literasi sains peserta didik pada materi perubahan wujud benda kelas V SD MI Darul Hijrah Madani Kota Kupang.
References
Aiman,U & Sunimbar, (2020). Keterampilan Proses Sains Siswa SD Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi Proses Menggunakan Suplemen LKS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Vol 7, No 1. Pp 75-83.
Aiman, U., Nyoman Dantes., Ketut Suma.2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Volume 6, Nomor 2. p-ISSN 2355-5106 || e-ISSN 2620-6641.
A. Rakhmawan, A. Setiabudi, dan A. Mudzakir. (2015). Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri pada Kegiatan Laboratorium, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 143-152.
Chairisa, N., Sholahuddin, A., & Leny, L. (2017). Perbedaan Literasi Ilmiah dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Koloid Antara Pembelajaran Yang Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Riil Dan Eksperimen Animasi. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 156-175.
Dantes, N. 2017. Statistik Test. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
El Islami, R. A. Z., Nahadi, N., & Permanasari, A. (2016). Membangun Literasi Sains Siswa pada Konsep Asam Basa melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 110-120.
Fitri, Isni.,Yuni, Fatisa. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid. JNSI: Journal of Natural Science and Integration p-ISSN: 2620-4967|e-ISSN: 2620-5092 Vol. 2, No. 2, Oktober 2019, Hal 181 –190.
Fathoni, I.M., dkk. 2018. Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) pada Materi Medan Magnet SMAN Mumbul Sari. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, Jurnal Unej Vol.3 No 2.
Marcelia, Ni Putu Widya. 2016. “Pengaruh Model Pogil Dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas V SD”. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 4, No. 1.
Meilani, Dian., Ummu, Aiman. 2020. Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 4, No. 1.19-24 ISSN: 2597-4866.
Mustika, Saptaningrum., Ernawati Susilawati. (2016). Pengaruh Penggunaan LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri 1 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 63-71.
Ngalimun. Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu; 2017.
OECD (2018). PISA 2018:Assessment and Analytical FrameworkScience, Reading, MathematicAnd Financial Literacy. Paris:OECD.
Puspitasari, A. D. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. OMEGA Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika , 1-5.
Sari, Rahmi Maiyunda., Rusdi., Della Maulidiya. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Didik Kelas VII Smp Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No. 1.
Zainab., Mustika W., Sarah M. 2017. “Pengembangan Instrumen Kognitif Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Tekanan Di Kelas VIII Smp Kota Banjarmasin”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol 1 No. 3 Oktober 2017.