HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KETERAMPILAN BOLABASKET SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.322Keywords:
minat bermain basket, motivasi berprestasi, keterampilan bola basketAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini didesain dengan membentuk pola hubungan antar variabel yang meliputi keterampilan passing bolabasket sebagai variabel dependen (Y), sedangkan minat (X1), motivasi berprestasi (X2) sebagai variabel independen. Variabel minat, motivasi berprestasi, keterampilan passing bolabasket memiliki hubungan yang kuat apabila perubahan pada variabel yang lain secara teratur dengan arah yang sama (korelasi positif) atau berlawanan (korelasi negatif). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara minat dan motivasi berprestasi dengan keterampilan passing bola basket pada peserta didik putri SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021. Dari hasil analisis data diketahui bahwa terdapat hubugan yang positif antara minat peserta didik dengan keterampilan bola basket putri kelas X SMA Negeri 3 Singaraja dengan signifikansi 0.21. Sedangkan dari data yang telah didapat bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan tingkat penguasaan keterampilan teknik dasar passing bola basket dengan signifikansi 0.15. Data ini juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat dan motivasi berprestasi dengan keterampilan teknik dasar passing bola basket dengan signifikansi 0.14.
References
Andi Setiawan. (2012). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Arifin, Z., Fallo, I. S., & Sastaman, P. 2017. Identifikasi Minat Olahraga Siswa Sekolah Dasar Di Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6 (2), 129-139.
Dantes, Nyoman. 2017. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Haryani. 2016. Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar PJOK. Jurnal Sport Area Vol. 6 (1) 30-38.
Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Irwanto.2016. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Jamalong, A. 2014. Peningkatan Motivasi Berprestasi Secara Dini Melalui Pusat Pembinaan Dan Latihan Pelajar (PPLP) Dan Pusat Pembinaan Dan Latihan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 3(3), 156-168.
Khamid, A. (2011). minat olahraga, dan prestasi belajar olahraga. Jurnal Ilmu Pendidilkan, 17(no4), 265–269. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v17i4.2728.
Mislan. 2020. Analisis Minat Dan Bakat Olahraga Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6 (2), 177-189.
Purwanto Ngalim. 2014. Belajar Berhubungan Dengan Perubahan Tingkah Laku. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma Perdana. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Peserta didik Pada Pembelajaran PJOK SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120).
Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan olahraga. Jakarta: Cerdas Jaya.
Wissel. (2000). Bolabasket (dilengkapi dengan program pemahiran teknik dan taktik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.