PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENURUT PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Welly Lucardo Universitas Adzkia, Indonesia
  • Leni Parlina Universitas Adzkia, Indonesia
  • Mualim Universitas Adzkia, Indonesia
  • Hendrizal Universitas Adzkia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.3119

Keywords:

Problematika, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Islam

Abstract

Kurikulum merdeka hadir dalam rangka menyempurnakan kurikulum sebelumnya dan sebagai upaya pemerintah untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, pada penerapanya kurikulum merdeka terdapat sejumlah problematika yang dihadapi guru dan peserta didik. Perlu dicarikan solusi untuk mengatasi sejumlah hambatan, kesulitan dan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Studi Kepustakaan (literature review) digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Pengumpulan data penelitian dengan melakukan review terhadap artikel penelitian yang relevan. Hasil studi diperoleh bahwa problematika implementasi kurikulum merdeka ditemukan pada guru dan peserta didik. Diantara problematika yang terjadi adalah sebagian besar guru masih kesulitan dalam mengembangkan model atau metode pembelajaran, pemanfatan teknologi pembelajaran yang belum maksimal, dan belum terciptanya pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan azas keadilan dalam pandangan Islam. Solusi atas permasalahan tersebut adalah diperlukan dukungan dari pihak sekolah dan juga stakeholder dengan bekerja sama melakukan perbaikan dan peningkatan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum merdeka yang sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam.

References

Afinni, U. N., Aulia, A. R., Wardana, B. P., Mawaddah, H., Hafizhah, K. N., & Husnaa, T. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Biologi di SMA Al-Hidayah Medan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1045–1052. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.4735

Alirahman, A. D. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam pada Pendidikan Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.47453/permata.v2i1.320

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 2, 485–501. http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Aprilia, A., & Rosa, B. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam (Sebuah Kajian Historis). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 8(2), 159–168. https://doi.org/10.17509/t.v8i2.39858

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 1–12.

Damayanti, A. T., Pradana, B. E., Putri, B. P., & Laila, H. N. (2023). Literature Review: Problematika Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. SNHRP-5: Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 465–471.

Darwanto, Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. JPGSD, 11(8), 1–14.

Fajarani, R., Sholihah, U., & Khanafi, A. F. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1233–1241.

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Fatimah, R., Arfani, A. M., Maharani, A., Paska, L. M., Arsyad, M. D., & Sumianto. (2023). Analisis Problematika Ketidaklaksanaan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 134 Pekanbaru. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 136.

Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran IPA pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 129–145.

Hanipudin, S. (2020). Konsepsi Guru Modern Dalam Pendidikan Islam. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 8(3), 338–357. https://doi.org/10.52802/amk.v8i3.265

Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(2), 394–408. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/617

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933

Jannah, F., Fathuddin, T. I., & Zahra, A. P. F. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.

Jiyantari, D., Hayati, L., Turmuzi, M., & Kurniati, N. (2023). Pandangan Guru Matematika Terhadap Kurikulum Belajar Siswa di Kecamatan Labuan Haji TP 2022/2023 (Study Komparasi Kurikulum 2013 Dan Merdeka Belajar). Journal of Classroom Action Research, 5(3), 42–48.

Manik, H., Sihite, A. C. B., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048

Muktamar, A., Rahmawati, Jalil, A., Tang, M., Irawan, & Miharha, J. (2023). Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Pendidikan Islam. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 246–251.

Oktaviani, S., & Ramayanti, F. (2023). Analisis Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1454–1460. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5156

Pane, A., & Nailatsani, F. (2022). Kode Etik Guru Menurut Perspektif Islam. Forum Paedagogik, 13(1), 24–38. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v13i1.3522

Pravitasari, P. D., Mahfud, H., & Supianto. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(2), 9–12.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.

Rahmadhani, D. D., Hazimah, G. F., Parameswara, M. C., & Prihantini, S. F. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JRPP: Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1688–1992. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.

Salsabila, U. H., Fitrah, P. F., & Nursangadah, A. (2020). Eksistensi Teknologi Pendidikan dalam Kemajuan Pendidikan Islam Abad 21. Jurnal Eduscience, 7(2), 68–77. https://doi.org/10.36987/jes.v7i2.1913

Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 28–33. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33

Sari, A. P., Zumrotun, E., & Sofiana, N. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Qalam, 12(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 146–151.

Solikhah, N., & Wahyuni, A. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4625–4640.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Surya, A. D. (2022). Pentingnya Implementasi Pembelajaran Berbasis Android dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2), 80–87. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1559

Susiani, I. W. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo. Proceeding of the 3rd International Conference on Islamic Studies (ICIS), 3, 296–306.

Suwardi, A. A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 2948–2965.

Utama, F. T., Suja, A., Setyawan, C. E., & Munir, M. (2021). Metode Pembelajaran ala Rasuullah Saw. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 10(2), 62–73. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231

Windari, H., Hasnia, Nurhalida, S., Mufliha, & Muktamar, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Menurut Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal At-Ta’lim, 2(2), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9.

Yansah, O., Asbari, M., Jamaludin, G. M., Marini, A., & MS, Z. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Peluang. Jurnal of Information Systems and Management, 2(5), 187–194.

Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2020). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Lucardo, W., Parlina, L., Mualim, & Hendrizal. (2024). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENURUT PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 295–306. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.3119

Issue

Section

Articles

Citation Check