PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN POTENSI DAERAH
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2938Keywords:
Model Pembelajaran PjBL, KreativitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) meningkatkan kreativitas siswa pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah siswa sekolah dasar. Jenis penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest design yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dimana variabel bebas model pembelajaran project based learning sedangkan variabel terikat kreativitas siswa. Populasi dalam penelitian keseluruh siswa kelas V SD Gmit No 7 Oebufu dan sampelnya kelas V berjumlah 27 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Kemudian dianalisis menggunakan SPSS Versi 23,0 For windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih baik dari pada yang diterapkan model pembelajaran konvesional. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t didapatkan nilai Sig (2- tailed) 0,000 kurang dari 0,05. Maka disimpulkan bahwa H0 ditolak maka maka H1 diterima karena Sig (2-tailed) kurang dari 0,005. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah.
References
Aiman, Ummu., Dian Meilani., Farhan Suhada., Sunimbar. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Suplemen Peta Pikiran Terhadap Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Vol 10, No 2. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. ISSN 2620-6641.
Ariyani, E., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Model PjBL terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik Wahana. 7(3), 1–12.
Anita, M. Tuti. 2015. penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015.
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Kanisiusn Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2), 294–302.
Hasyda, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 6–13.
Hidayati, Sofiatul., Arina Restian. Peningkatan kreativitas menggunakan model project based learning mata pelajaran IPAS konteks merdeka belajar kelas 4 sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dasar. Vol 09, No 01. ISSN : 2548-6950.
Komarudin, D.2018. Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi. 4(1)278-288.
Kholifah, U., Muladi, M., & Yoto, Y. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi pada Penerapan Blended Project Based Learning Matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. 4(3), 338.
Maya Nurfitriyanti. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif. Vol 6 (2).
Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal Of Primary Education, 4(1), 19–24.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 6(1), 60–71.
Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis learning and inovation skills mahasiswa PAI melalui pendekatan saintifik dalam implementasi keterampilan abad 21. Conciencia. 19(2), 112–131.
Salman, Lismawati, dkk. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang Disertai dengan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Sains. Vol. 12 No. 2.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, Vol. 30, N.
Ulinnuha, R., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2021). Creative thinking ability with open-ended problems based on self-efficacy in Gnomio blended learning. Unnes Journal of Research Mathematics Education. 10(1), 20–25.
Wahyu, R. 2017. Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Tecnoscienza. 1(1), 49-62.
Wena, Meda. (2015). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporar. Jakarta: Bumi Aksara.Grant.