PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alviyatun Endah Saputri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, SD Negeri Sambiroto 1, Indonesia
  • Siti Rochmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2788

Keywords:

Pojok Baca, Minat Baca, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan pojok baca dalam menumbuhkan minat baca pada siswa kelas II di SD Negeri Sambiroto 1 Kalasan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan pojok baca berperan penting dalam menumbuhkan minat baca. Desain pojok baca yang menarik dan nyaman mendorong siswa lebih sering dalam membaca. Selain itu siswa juga lebih tertarik untuk membaca karena mereka memiliki akses ke buku yang menarik dan relevan bagi mereka. Adanya kegiatan literasi di pojok baca, seperti membaca bersama dan diskusi buku juga membantu siswa lebih menikmati kegiatan membaca. Dengan demikian yang awalnya minat baca siswa kelas II di SD Negeri Sambiroto 1 terbilang rendah kini menjadi semakin meningkat atau tumbuh dengan baik karena memanfaatkan pojok baca yang ada di dalam kelas secara maksimal.

References

Abid, S., Sari, R., & Margareta, E. (2023). Pendampingan Pembuatan Pojok Baca Sebagai Alternatif Mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 73-80.

Adela, D. (2022). Implementasi Program Pojok Baca Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN Sawahlega. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2762-2769.

Afriati, A., Jamaludin, U., & Ngulwiyah, I. (2021). Optimalisasi Minat Baca Melalui Program Pojok Baca di Kelas V MIN 1 Kota Cilegon. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 81-89.

Amiroh, Siti. (2020). “Pemanfaatan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat BBaca Siswa Kelas IV di MI Taufiqiyah Semarang”. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Anggita, A. dan Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak.

Dassucik, D., Rasyidi, A. H., Astindari, T., Harisantoso, J., & Noevadila, I. (2022). Pengelolaan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Motivasi Pendidikan dan Minat Membaca Mahasiswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(5), 5139-5144.

Demayanti, S. (2017). Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas. Kanisius.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60.

Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58-66.

Faradina, N. (2017). Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.

Farrahatni, F., Fahri, M., & Hamdani, I. (2022). Upaya Guru Dalam Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD N Semanan 04 Pagi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10242-10249.

Fasica, N. F., & Setyorini, I. L. (2022). Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Pojok Literasi Sekolah di MI Islamiyah Asembagus Kabupaten Situbondo. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 12(2), 48-54.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Ar-Ruzz Media.

Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Ecodunamika, 3(2).

Julaiha, S., & Ramadhanti, N. N. (2019). Pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.

Kasim, H., Sabarudin, S., Mamonto, S. B., & Mokodongan, F. (2023). Analisis Manfaat Pojok Baca untuk Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas IV SD Negeri Ringinsari. Fondatia, 7(1), 169-177.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas dan Area Baca Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R. E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 703-708.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48-57.

Kurniawan, W., & Sutopo, A. (2021). Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37-42.

Morrow, L. M. (2014). Relationships Between Literature Programs, Library Corner Designs, and Children‟s Use of Literature. Journal of Educational Research. Vol 75(6), hal 339-344

Oktaviani, D. A., Damayanti, R. P., Rizqiyah, A., & Hidayati, S. N. (2023). Implementasi Poca Untuk Meningkatkan Literasi Pada Siswa Kelas III di SDN Pabean No. 04 Dringu Probolinggo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5281-5292.

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut Baca terhadap minat membaca Siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81-85.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10-19.

Ria, F. X., Awe, E. Y., & Laksana, D. N. L. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Literasi dengan Suplemen Buku Cerita Bergambar: Studi Tindakan Kelas pada Pembelajaran Tematik . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 570-577. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1006

Satori, D. dan Aan, K. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta

Savitra, N. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas VA Pada MIN 4 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Seniani, N. W., Numertayasa, I. W., & Sudirman, I. N. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri 1 Menanga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(1), 17-23.

Setria, S. U. R., & Isti, I. M. (2023). Pemanfaatan Pojok Bacaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SDN Pilang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 445-452.

Sulaimah, E., Irmawati, E., Dewi, R. K., & Khosiyono, B. H. C. (2023, August). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar dengan Pemanfaatan Pojok Baca. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 505-514.

Vani, R. N., & Wijayanti, O. (2023). Pemanfaatan Fungsi Pojok Baca di Kelas V SD Negeri 1 Banjarsari Kulon. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2574-2586.

Wiyanti, H. (2023). Pengembangan Sarana Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Literasi Siswa SDN Sisir 04 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2130-2151.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Saputri, A. E., & Rochmiyati, S. (2024). PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 255–267. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2788

Issue

Section

Articles

Citation Check