PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH ADIWIYATA SEBAGAI SARANA PENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Authors

  • Euis Rahmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Sigit Setiawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Reksa Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2636

Keywords:

pengembangan karakter, peduli lingkungan, sekolah adiwiyata

Abstract

Pendidikan karakter peduli lingkungan perlu ditanamkan demi keberlangsungan segala makhluk hidup di masa yang akan datang. Namun pada kenyataannya saat ini tingkat kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan masyarakat masih sangat mengkhawatirkan dan sekolah memiliki peran yang signifikan untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses pelaksanaan pemanfaatan lingkungan di sekolah adiwiyata, lalu mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan lingkungan di sekolah dan menganalisis implikasi penguatan karakter peduli lingkungan melalui pemanfaatan lingkungan sekolah adiwiyata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat ukur pengumpulan data. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah Adiwiyata sebagai sarana penguatan karakter peduli menggambarkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai lingkungan dalam kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah menciptakan landasan yang kokoh untuk pembentukan karakter peserta didik yang lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Lebih dari sekadar menjadi program Adiwiyata, pemanfaatan lingkungan di lingkungan sekolah menjadi sarana implementasi nilai-nilai peduli lingkungan dalam tindakan nyata sehari-hari.

References

Agustin, Nella dkk. 2021. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta : UAD PRESS.

Amin, Irsal. 2022. Strategi Penerapan Lingkungan Bahasa Arab. Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi.

Basri, Hasan. 2021. Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Modern. Sukabumi : Jejak Publisher.

Budiman, dkk. 2023. Model Pendidikan Lingkungan sekolah Adiwiyata : Selat Medika.

Cahyaningtyas. I. T, Dkk. Pentingnya Lingkungan Hidup SD Berbasis PJBL. AE MEDIA GRAFIKA, Magetan.

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar tematik melalui project based learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(1), 55-65.

Faliyandra, Faisal. 2019. Membangun Hubungan Baik Antar Manusia Pada Lingkungan Pendidikan di Era Teknologi. Batu : Literasi Nusantara.

Fitria, H & Samsia. 2020. Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Program Sekolah Adiwiyata. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 84-91.

Gruenewald, D. A. (2018). The best of both worlds: A critical pedagogy of place. Environmental Education Research, 9(3), 369-382.).

Haris, Endang dkk. 2018. Sekolah Adiwiyata. Jakarta : Erlangga.

Hasanuddin dkk. 2021. Sampah: Banjir, Penyakit, dan Nilai Ekonomi. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis (JAMEB), 1 (1), 2019-2022.

Haul, S., dkk. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 65-76.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hungerford, H. R., Peyton, R. B., & Wilke, R. J. (2017). Goals for curriculum development in environmental education. The Journal of Environmental Education, 11(3), 42-47.

Khuluqo, Ihsan el & Istaryatiningtias. 2022. Modul Pembelajaran Manajemen pengembangan Kurikulum. N.p : CV. Feniks Muda Sejahtera.

Marjohan, M., & Afniyanti, R. 2018. Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 111-126.

Markhamah dkk. Simbiosis Lembaga Pendidikan Masyarakat Tumbuh Kembangkan Entrepreneur dan Karakter. Surakarta : Muhammadiyah University Press.

Moleong, Lexy, J. (2014) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muharam, Agus dkk. 2022. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V di SDN Sindangkasih 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10417-10426.

Mulyadi, E. (2017). Penerapan model project based learning untuk meningkatan kinerja dan prestasi belajar Fisika siswa SMK. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 22(4), 385-395.

Pantiwati, Y. (2019). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam lesson study untuk meningkatkan metakognitif. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 27-32.

Piaget, J. (2016). "Piaget's theory". In Carmichael’s manual of child psychology.

Pradini, Indah, Kusuma dkk. 2018. Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang, Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan, 7 (2), 122-132.

Raharjo, H. A. dkk. 2022. Pengantar Teori Sastra. Tasikmalaya : Perkumpulan Rumah Cemerlang

Ramadhani, Lilis F., dkk. 2019. Kultur Sekolah Berbasis Adiwiyata di Sekolah Dasar dalam Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 51-60.

Rokhmah, Umi N. 2019. Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67-88.

Rufaidah, A. S., & Jamaludin, U. 2020. Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa di SD Negeri Sukamulya I Melalui Program KURASSAKI. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 65-83.

Samsia, & Komaria. 2020. Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Program Sekolah Adiwiyata. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 695-701

Sarinah. 2019. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta : Deepublish.

Siregar, Sari, Rosmita dkk. 2021. Dasar – dasar Pendidikan. N.p : Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127-139.

Syam, S. L. (2021). Proses Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Kelas Iv Melalui Program Adiwiyata Di Sdn Bhayangkari. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 118-126.

Una, L.M.W., & Laksana, D.N.L. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1 (3), 301-310. https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i3.916

Uyun, Saeful dkk. 2020. Manajemen Sekolah/Madrasah Adiwiyata. Yogyakarta : Deepublish.

Wijayama, Bayu. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA bervisi Sers dengan Pendekatan Savi. N.p : Qahar Publisher.

Yuniawatika dkk. 2021. Penyusunan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan Dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar. N.p : Bayfa Cendekia Indonesia.

Zalfa, Anastya., dkk. Peranan Lingkungan Sekolah Terhadap Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sman 111 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 835-841.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Rahmawati, E., Nulhakim, L., Setiawan, S., & Pribadi, R. (2024). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH ADIWIYATA SEBAGAI SARANA PENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 268–280. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2636

Issue

Section

Articles

Citation Check