PENJARINGAN ASPIRASI SISWA MELALUI MAJELIS PERWAKILAN KELAS DALAM MENDUKUNG PROGRAM SEKOLAH YANG BERPIHAK PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2401Keywords:
Aspirasi, MPK, Penjaringan, Program SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang penjaringan aspirasi siswa melalui MPK dalam mendukung program sekolah yang berpihak pada siswa dan mengidentifikasikan faktor pendukung dan kendala yang dihadapi oleh MPK di SMA N 3 Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian meliputi pengurus MPK dan seluruh siswa SMA N 3 Sukoharjo, beserta guru dan staf sekolah yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan dan yang terutama Kepala sekolah atau pimpinan sekolah yang memiliki wewenang dalam pengambilan keputusan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan, observasi terhadap kegiatan MPK, dan analisis dokumen dengan menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa MPK telah memainkan peran penting dalam mewadahi, menyampaikan aspirasi siswa kepada pihak sekolah dan ikut berkontribusi pada peningkatan perbaikan program sekolah, termasuk penyesuaian kurikulum, perbaikan fasilitas, dan perbaikan kegiatan organisasi juga sebagai pengembang kegiatan ekstrakurikuler. MPK juga membantu mendorong perubahan positif melalui penjaringan aspirasi siswa dan membantu memfasilitasi dialog antara siswa, guru, dan pihak sekolah, menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan demokratis. Dukungan dari pihak sekolah, keterlibatan siswa, dan komunikasi yang efektif antara MPK dengan siswa, antara MPK dengan pihak sekolah. Sedangkan kendalanya antara lain keterbatasan waktu, keterbatasan anggaran dan kurangnya partisipasi siswa.
References
Ahsani, E., Luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Cahyo, S. D., Wahyudin, H., & Sundari, R.S. (2022). Analisis Fungsi Ekstrakurikuler Seni Tari di Sekolah Dasar Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Wawasan Pendidikan, 2(2), 640–650.
Dahaluddin, D., Rakib, M., & Apriyanti, E. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler pada Siswa SMK Negeri 1 Pangkep. Jurnal Education and Development, 10(1), 129–135.
Dewi, P. Y. A. (2019). Gerakan Membaca di Awal Pelajaran Guna Membangun Budaya Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 77–85.
Dwintari, J.W. (2019). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 2(1). http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/68
Efendi, I. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan: Wahana Pengembangan Kompetensi Warganegara dalam Pengenalan Partisipasi Politik Siswa Sekolah Dasar. didaktika tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 149. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2.2635
Elita, F.M., Putri, Z., Nurfal, A., Safitri, S., & Yusuf, S. (2023). Manajemen Organisasi Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Indralaya. Danadyaksa Historica, 3(1), 36–45 https://doi.org/10.32502/jdh.v3i1.5935
Fibrianto, A.S., & Yuniar, A.D. (2020). Peran Budaya Organisasi Moral Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Jurnal Analisa Sosiologi, 9(1), 267-282. https://doi.org/10.20961/jas.v9i1.41372
Goni, M. G. H., Nayoan, H., & Liando, D. (2019). Penyerapan Aspirasi Masyarakat oleh Anggota DPRD di Kabupaten Minahasa Selatan Periode 2014-2019. Jurnal Eksekutif, 3(3), 1-8.
Green, F., Parsons, S., Sullivan, A., & Wiggins, R. (2018). Dreaming big? Self-valuations, aspirations, networks and the private-school earnings premium. Cambridge Journal of Economics, 42(3), 757–778. https://doi.org/10.1093/cje/bex023
Hasnidar, S. (2019). Pendidikan Estetika dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97-119. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997
Jendriadi, J., Andriantoni, A., Ismira, I., Sukandar, W., Alfiyandri, A., & Yuniarti, L. (2021). Peningkatan Kapasitas Manajemen Kesekretariatan Pengurus OSIS Berbasis Studi Kasus di SMAN 1 Pariangan Tanah Datar. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i1.4880
Kabari, M.I., Hayati, R.M., & Ningsih, S.W. (2023). Pengembangan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Pekanbaru. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i2.196
Kurlaender, M. & Hibel, J. (2018). Students’ Educational Pathways: Aspirations, Decisions, and Constrained Choices Along the Education Lifecourse. Handbook of the Sociology of Education in the 21st Century, 361–384. https://doi.org/10.1007/978-3-319-76694-2_16
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(2), 101-112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya di Sekolah Dan Madrasah. Al Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002.
Mashudi, M. (2022). Implementasi Manajemen Kesiswaan di SMA Negeri Blitar. Jurnal Al-Hikmah, 10 (1), 1-11
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded. Sourcebook. Sage Publications.
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Mulyana, D. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Rosda.
Nur, S. M. (2019). Peningkatan Potensi Kepemimpinan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) Melalui Pelatihan Tata Cara Bersidang. Jurnal Abdimas, 6(1), 22-26
Pathak, S.J., & Patel, M.B. (2022). Farmers perception about print media in agricultural information dissemination: A review. Bhartiya Krishi Anusandhan Patrika, 37(4), 339-342. https://doi.org/10.18805/bkap544
Rahmani, N. F., & Rahiem, M. D. H. (2023). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Raudhatul Athfal. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 12–25. https://doi.org/10.33369/jip.8.1
Rahmawati, H. (2023). Efektivitas penerapan elektronik voting dalam pemilihan majelis perwakilan kelas (MPK) sebagai wujud demokrasi di sekolah. (Skripsi). Universitas Pasundan
Setiyowati, L., & Ispriyarso, B. (2019). Upaya Preventif dalam Rangka Pengawasan terhadap APBD melalui Penjaringan Aspirasi Masyarakat oleh DPRD. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(2), 250-265. https://doi.org/10.14710/jphi.v1i2.250-265
Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326
Siregar, N.K., Marpaung, W.T., Lubis, M.B., Hasanah, U., Maulida, S., Wardani, T.K., & Akmalia, R. (2023). Menganalisis Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 8 Kota Medan. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(3), 411–418.
Sopiah, N. (2019). Peran organisasi majelis permusyawaratan kelas (MPK) dalam membentuk kecerdasan moral siswa. Tesis. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. https://eprints.untirta.ac.id/9323/
Sudarsana. (2016).116 Kiat Mempertajam Kinerja Anak Buah. Yogyakarta: Laksana
Sumarto, Haraha, E.K., & Kasman (2019). Manajemen Mutu Sekolah Melalui Pelaksanaan dan Pengawasan Program Kerja. Jurnal Literasiologi, 2(2). 1-13. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.48
Udang, O.S., Tabaru, M., Sampetoding, E.C.M., & Manapa, E.S. (2021). Pengolahan Data Siswa SMA Negeri 1 Sambuara Kabupaten Kepulauan Talaud pada Aplikasi Dapodik. Dynamic Saint Journal, 6(1), 7-11. https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v6i1.1193
Umar, H. (2017). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali pers.
Zulfikar, Pitoewas, B. & Yanzi, H. (2016). Persepsi Pengurus Osis terhadap Peran Majelis Perwakilan Kelas. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(6), 1-14