MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR DENGAN MENERAPKAN KONSEP TRI HITA KARANA
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2389Keywords:
pendidikan karakter, Tri Hita KaranaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah potensi penerapan konsep Tri Hita Karana dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. Dengan metode literatur review, penelitian ini mengungkap bahwa konsep Tri Hita Karana, yang mencakup Parahyangan (hubungan dengan Tuhan), Pawongan (hubungan dengan sesama manusia), dan Palemahan (hubungan dengan alam), memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter siswa. Parahyangan membantu dalam pembentukan nilai moral dan etika, Pawongan berkontribusi pada kemampuan sosial siswa, dan Palemahan meningkatkan kesadaran lingkungan. Integrasi ketiganya menciptakan pendekatan pendidikan karakter yang holistik dan berkelanjutan. Hasil penelitian ini memberikan pandangan yang mendalam tentang bagaimana pendidikan karakter berbasis Tri Hita Karana dapat membantu menciptakan individu yang lebih seimbang, peduli terhadap lingkungan, dan berperan sebagai warga yang beretika dan bertanggung jawab dalam masyarakat, dengan implikasi yang positif pada perkembangan pribadi dan kemajuan sosial.
References
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.
Asih, J. T. (2022). Implementasi pendidikan karakter berbasis Tri Hita Karana (THK) pada siswa SMAN Satu Atap Lembongan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 292–300. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7033374.
Astuti, W. (2020). Bentuk Pendidikan Karakter Di Karaton Kasunanan Surakarta Berbasis Ajaran Tri Hita Karana. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 25(1), 130–152. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v25i1.72.
Budiasih, N. W. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar Melalui Ajaran Tri Hita Karana. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 56–64.
Cahyadi, I. M., & Sukerni, N. M. (2020). Membentuk Karakter Siswa dengan Menerapkan Tri Hita Karana dalam Ajaran Agama Hindu. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 1(2), 19–26. https://doi.org/http://103.207.96.36:8056/ojs2/index.php/ppg/article/view/1840/1479.
Darmika, I. P., Suweta, I. M., & Parmajaya, I. P. G. (2022). Implementasi Pola Pendidikan Karakter Berbasis Tri Hita Karana Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Gugus V Kec Gerokgak Kab Buleleng. Jurnal Pendidikan Agama Hindu Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/jurdiksca.v1i1.1908.g1474
Diantari, N. P. M., & Gede Agung, A. A. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 177–185. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497.
Dikta, P. G. A. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar pada Abad Ke-21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).
Dita, M.A.D.P, Wiranata, I.M.R.A., Sari, K., & Suja, I. W. (2019). Penglipuran Sebagai Desa Edukasi Berbasis Tri Hita Karana Dalam Pengembangan Karakter SD. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.21228
Giri, I. P. A. A., Ardini, N. L., & Kertiani, N. W. (2021). Tri Hita Karana sebagai Landasan Filosofis Pendidikan Karakter Ekologis. Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 12(2), 149–158. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/sjf.v12i2.2697
Handayani, N. M. A. P., Putri, P. W., Made, N., Juniantari, R., & , Prof.Dr.Ir. I Ketut Arnawa, M. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0 Bangsa, Generasi Z untuk Memajukan. PILAR (Pekan Belajar Ilmiah), 280–292.
Herdiansyah, R. F. P., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7176–7181.
I. P. G. Parmajaya. (n.d.). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Para Siswa Hindu. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama, Dan Budaya, 11–17.
Jaya, K. A. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjamin Mutu, 5(1), 57–67. https://doi.org/doi.org/http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1254/678.
John, W, C. (2016). Research Design: Pendekatan Metode kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239.
Karpika, I. P., & Mentari, R. M. (2020). Penerapan layanan bimbingan klasikal berbasis Tri Hita Karana dalam meningkatkan karakter siswa tahun pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 464–470. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.4286693.
Kepakisan, D.K.W. (2022). Tri Hita Karana Dalam Revolusi Industri 4.0 dan Implementasi Pada Kampus Merdeka.
Lestari, N. A. P. (2023). Analysis of 2013 curriculum problems so it is changed into a merdeka curriculum. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i2.19229
Lestari, N. A. P., & Habibah, S. N. (2023). Karakter Peserta Didik Pada Era Society 5.0 Di Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.55115/widyacarya.v7i1.2721
Lestari, N. A. P., Suastika, I. N., & Lasmawan, I. W. (2022). Growing Tri Hita Karana-Based Entrepreneurial Mentality in Digital Business for PGSD Students to Face the Era of Society 5.0. The ES Economics And Entrepreneurship (ESEE ), 1(2). http://dx.doi.org/10.58812/esee.v1i02.39
Lexy, J, M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mahendra, P. R. A., & Kartika, I. M. (2021). Membangun Karakter Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Persoektif Kehidupan Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 423–430.
Mardiyah, S. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Edification Journal, 1(1), 127–137. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.89
Muslich, M. (2015). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. PT Bumi Aksara.
Pradnyawhati, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660
Prapnuwanti, N. L. P., & Danuwanti, N. M. A. I. (2022). Pendidikan Karakter Generasi Berkualitas Berlandaskan Tri Hita Karana. Tampung Penyang, 20(1), 51–61.
Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Edukasia, 3(1).
Sedana, Suwatra, & S. (n.d.). Pengaruh Model CTL Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Gugus I Kecamatan Buleleng. MIimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.839.
Setyawati, N. K., Japa, I. G. N., & Gading., I. K. (2022). Media Video Pembelajaran Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Daya Serap Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 490–501. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, da R&D. CV Alfabeta.
Wiana, I. K. (2007). Tri Hita Karana menurut Konsep Hindu. Paramita.
Yasa, I Made, Sukadi, & Margi, I. K. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana Melalui Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas VI SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 8(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134
Yogi Saputro, & N. L. P. W. A. (2021). Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Dalam Meningkatkan Karakter Mahasiswa Di Lingkungan Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten. Jawa Dwipa, 2(2), 164–172. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.45.
Yunus Abidin. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.