PENGARUH MODEL DIRECT READING ACTIVITIES BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG PADA MINAT MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.2342Keywords:
direct reading, teka-teki silang, minat membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Direct Reading Activities (DRA) berbantuan media permaianan teka teki silang yang signifikan terhadap minat membaca siswa Kelas V SD Negeri 1 Naioni Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian quasi eksperimental. Populasi adalah siswa SD Negeri 1 Naioni Kupang kelasV tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan statistic inferensial dan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh bawah nilai rata-rata kelas eksperimen 112,04 dan untuk kelas kontrol 91,72. Hasil penelitian diperoleh nilai uji-t pada taraf ???? 0,05 dengan df diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Direct Reading Activities (DRA) Berbantuan Media Permaianan Teka Teki Silang pada Minat Membaca Siswa Kelas V SD Negeri 1 Naioni Kupang.
References
Aiman, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V MI Darul Hijrah Madani Kota Kupang. 1.
Aminah Mursalin, S., & Muhsam, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 103–110. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.413
Bagus Susila Putra, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Ips Dengan Kovariabel Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas IV di SD Gugus VI Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 169–175. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.329
Bili, K. D., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2023). Implementasi Layanan Membaca Gratis Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 424–428. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.847
Citra Apriliana, A., & Putri Berlianti, R. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V SDN Gudangkopi Ii Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.1027
Khasanah, L. A. I. U., Ningrum, I. E., & Huda, M. M. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berbasis kearifan Lokal Berorientasi dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 760–770. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4539
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705
Langoday, F. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Jari Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sd Inpres Oepoi. 1.
Letasado, M. R., & Muhsam, J. (n.d.). The Influence of the Implementation of Affection-Based Learning With the Help of Poster Media to Improve Bahasa Indonesia Learning Outcome on Students of Grade V SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. 479, 5.
Maladewi, S. (2021). Implementation Of Directed Reading Activity (Dra) Strategy In Improving Comprehension Reading Ability. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(3). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i3.8404
Mariadeni, K. E., Suarni, N. K., & Putrayasa, I. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Media Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Hasil Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2692
Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar: Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814
Muhsam, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbasis Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIs Al-Fitrah Kota Kupang. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i2.77
Muhsam, J., Hasyida, S., & Aiman, U. (2021). Implementation of Contextual Teaching and Learning and Authentic Assessments to the Science (IPA) Learning Outcomes of 4th Grade Students of Primary Schools (SD) in Kota Kupang. 5(3).
Mursalin, S. A., & Muhsam, J. (2021). Pengaruh model pembelajaran TAI (team assisted individualization) terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari motivasi belajar peserta didik sekolah dasar. S. A., 8.
Nizam, F. J. (2022). Pengembangan media pembelajaran booklet untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di sekolah dasar kelas v. 4.
Pamungkassari, W. D. (n.d.). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas i.
Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang (Penelitian Tindakan di Kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Puitika, 11(1), 82. https://doi.org/10.25077/puitika.11.1.82--93.2015
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Rahmi, S., Sitohang, R., & Lubis, W. (2023). Pengaruh Pendekatan Whole Language Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD. 7.