ANALISIS KECENDRUNGAN METODE PENELITIAN TESIS MAHASISWA DI PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI

Authors

  • Muhammad Muspawi Universitas Jambi, Indonesia
  • Abdul Rahman Universitas Jambi, Indonesia
  • Hendri Universitas Jambi, Indonesia
  • Mudori Universitas Jambi, Indonesia
  • Lina Suryati Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2336

Keywords:

Qualitative Method, Quantitative Method

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa metode penelitian Tesis mahasiswa di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan bervariasi, namun belum teridentifikasi sehingga belum diketahui arah kecenderungannya secara pasti. Sementara, informasi tentang kecenderungan metode penelitian serta faktor-faktor yang mempengaruhinya merupakan informasi penting dalam pengembangan kurikulum maupun dasar pengambilan keputusan program berkaitan dengan upaya peningkatan mutu akademik di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah kecenderungan metode yang digunakanan oleh mahasiswa di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Obyek penelitian adalah Tesis mahahiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tahun 2021 dan 2022. Data diproses menggunakan teknik non-tes melalui interview, angket, dan dokumentasi, dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode penelitian tesis mahasiswa di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Jambi bervariasi meliputi metode kualitatif (studi kasus, studi dokumen, wawancara terpusat, fenomenologi) dan metode kuantitatif (survey); 2) Faktor-faktor yang turut menentukan pemilihan metode penelitian mahasiswa yaitu: dosen pembimbing tesis; kompetensi pemahaman mahasiswa terhadap objek penelitian; dan pengaruh kawan kuliah.

References

Abruscato, J. (2010). Teaching Modern Science. USA: Prentice Hall Inc.

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1),48–65. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921

Alsa, (2003). Metode Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Anwar Sanusi, (2011). Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat,. Jakarta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Arisanti N.Y, Agustini K, Darmawiguna I.G.M. (2020). Pengaruh SOP Berbasis Infografis Jenis-Jenis Penelitian Dengan Model Program Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan (Studi Kasus: Mahasiswa PTI Semester VII/Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknil Informatika) ISSN: 2252-9063.

Barus, G. (2022), Menguli Tiga Faktor Pendukung Percepatan Penulisan Skripsi Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol: 12 No. 2, Mei 2022: 96-108.

Basri M. S, Budiani D. (2023). Kecendrungan Pelaksanaan Penelitian pendidikan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau pada Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal online Mahasiswa (JOM) bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. vol. 10 no. 1 (2023) Edisi 1 Januari – Juni 2023.

Brojonegoro, S.S. (2003). Visi Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dalam Konteks Strategi Pengembangan Pendidikan Tinggi Tahun 2003 – 2010. Jakarta: Dirjen Dikti.

Carin & Sund. (1997). Teaching Modern Science. New Jersey: Prentice Hall.

Dirjen Dikti. (1991). Kurikulum Pendidikan MIPA LPTK Program S1. Jakarta: Dijen Dikdasmen.

Erwinsyah, Alfian. (2014). Pemahaman Penelitian Kuantitatif bagi Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vo. 2 no. 2. Tadbir.

Gunada, Wayan I, Harjono, Ahmad. (2015). Analisis Pemetaan Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Jurnl Pijar vol. 10 no. 1.

Hendrowati, Yuni T. (2006). Paradigma dan Metode dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Majalah Kreasi STKIP MPL. vol 1 no. 2.

Indriani A. (2019). Analisis Kecendrungan Metode Penelitian Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di IKIP PGRI Bojonegoro. Journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma. Vol 10, no. 1. Semarang.

Kantun, S. (2016). Penelitian Evaluatif Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang pendidikan (Suatu Kajian Konseptual), Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. volume 10 nomor 2.

Mihendra N, Andriyani F, Mardiah D. I, Priska A. P, Mujib. A. (2020). Paradigma Penelitian Pendidikan: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al- Washliyah Tahun 2015-2016. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) volume 2 nomor 1 hal 46-54.

Melong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian kualitatif. Publisher: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhassanah, Nur’aini, Aritsya. (2016). Analisis Kecendrungan Penelitian Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi Tahun Akademik 2014-2015. Jurnal E-DUMATH vol. 2 no. 1.

Mukhid. (2021), Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantutatif. Jakad Media Publishing.

Mc. Dermott, L.C. 1990. A Perspective on Teacher Preparation in Physics and other Science. The need for special science courses for teachers. American Journal Physics. 58(8).pp 734-742.

Novak, Joseph D. A Theory of Education. London: Cornell University Press. Sukmadinata, S.N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Tim. 2000. Buku Panduan Praktek Kependidikan. Bandung: UPI.

PeranginAngin R, Panjaitan S, Hutahuruk A, Manik E, Tambunan H (2021). Arah dan Trend Penelitian Pendidikan Matematika di Jurnal Riset Pendidikan Matematika (JRPM). Vygotsky:Jurnal Pendidikan Matematika . http://doi.org/10.30736/voj.v3i1.340.

Sari, I. K., & Siswati, S. (2016). Hubungan Antara Ketertarikan Interpersonal Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja Sma Islam Hidayatullah Semarang. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 5(4), 711–716.

Stefany M. E, Ningsih P. R, Arif M, Diana L, M. (2022). Pemetaan Peminatan Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika/vol.9 no. 1 November 2022.

Sudarisman. (2013). Analisis Kecendrungan Metode Penelitian Skripsi Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi UNS.

Sukamdinata, Nana Syaodih. (2017), Metode Penelitian Pendidikan. Cet 12 Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputro, S. T., & Pardiman, P. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1),78–97. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923

Tim. 2012. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum LPTK. Jakarta: Ditjen Dikti.

Wahidah, A. N. (2022). Miskonsepsi Unsur Novelty Dalam Penelitian Pendidikan (Tinjauan Kajian Penelitian Relevan Pada Skripsi Mahasiswa FTIK IAIN Pontianak. Jurnal Pendidikan Tambusai. volume 6 nomor 2 Tahun 2022 Hal. 12401-12406.

Waruwu, M (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, volume 7 nomor 1 hal. 2896-2910.

Wiriaatmadja, R. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Muspawi, M., Rahman, A., Hendri, Mudori, & Suryati, L. (2024). ANALISIS KECENDRUNGAN METODE PENELITIAN TESIS MAHASISWA DI PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 198–206. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2336

Issue

Section

Articles

Citation Check