PENGEMBANGAN MEDIA E-LKPD LIVEWORKSHEET SOAL HOTS UNTUK MENGUATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2315Keywords:
e-LKPD liveworksheet, HOTS, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan karakteristik; (2) menganalisis kelayakan; dan (3) menguji keefektikan E-LKPD Liveworksheet Soal HOTS untuk menguatkan hasil belajar siswa SD. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (RnD) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada di kelas V SD dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan hasil pre dan post test. Data dianalisis menggunakan uji kelayakan E-LKPD (Indeks Aiken V), analisis deskriptif, dan uji efikasi E-LKPD (N gain dan effect size). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Karakteristik E-LKPD liveworksheet soal hots ,(2) E-LKPD liveworksheet soal hots ini layak digunakan dalam pembelajaran tema 6 kelas V SD. Hasil penilaian ahli media sebesar 0,67 (valid), ahli materi sebesar 0,86 (sangat valid), ahli materi sebesar 0,86 (sangat valid), ahli bahasa sebesar 0,84 dengan (sangat valid), praktisi sebesar 0,93 (sangat valid), respon siswa kelompok eksperimen sebesar 0,86 (sangat valid); dan (3) Angket E-LKPD langsung digunakan efektif dalam pembelajaran dan berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran 6 SD V. Hasil pengujian keefektifan produk E-LKPD pada kelompok eksperimen dengan menggunakan rumus N gain sebesar 0,723 (tinggi) dan nilai effect size sebesar 2,74 (sangat besar). Sedangkan pada kelompok kontrol, nilai peningkatan N sebesar 0,324 dan nilai effect size sebesar 0,54. Jadi, E-LKPD Liveworksheet Soal HOTS layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran tema 6 kelas V SD.
References
Adam, A., Apni, N., Rosalia, M., & Aisyah Achmad, Y. (2022). Eksperimen Sains Sederhana: Metode untuk Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 4(1), 53–63. https://doi.org/10.51454/jimsh.v4i1.473
Ainurrohmah, I., & Yasin, F. N. (2021). Keterlaksanaan Kurikulum 2013 untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa ada Masa Pembelajaran Online Pandemi Covid-19. 7(3), 186–193. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/16370
Anggraini, L., & Perdana, R. (2019). Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v5i2.103.
Ayudhityasari, R., Widayati, M., Veteran, U., Nusantara, B., Veteran, U., Nusantara, B., Veteran, U., & Nusantara, B. (2021). Menggunakan Powerpoint Interaktif DI. 4(1), 105–116. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/120545.
Ariyanto, M., & Kristin, I. A. F.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106–115.
Azzahra, W., & Alberida, H. (2020). The Effect of Problem Solving Model Towards Higher Order Thinking Skills and Students Learning Activities Pengaruh Penerapan Model Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Bioeducation Journal, 4(1), 2354–8363. http://bioeducation.ppj.unp.ac.id/index.php/bioedu/article/download/247/82
Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer.
Bujuri, D. A., & Ilmu, F. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. IX(1), 37–50. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720
Darmuki, A., Nugrahani, F., Fathurohman, I., Kanzunnudin, M., & Hidayati, N. A. (2023). The Impact of Inquiry Collaboration Project Based Learning Model of Indonesian Language Course Achievement. 16(2), 247–266. https://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2023_2_15.pdf
Firli, A., Rismayani, R., Sitorus, P. M. T., & Manuel, B. (2017). Implementing Mixed Method of Peer Teaching and Problem Solving on Undergraduate Students. Journal of Education Research and Evaluation, 1(1), 1. https://doi.org/10.23887/jere.v1i1.9843
Hamidani, S., Yanto, R., Amalia, V., & Etriyanti, E. (2022). Pelatihan Penerapan Media Pembelajaran Daring . Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol. 5, No.3, 2022, pp. 412-420418JP2. P-ISSN: 2614-3909 E-ISSN: 2614-3895dalam Upaya Peningkatan KompetensiGuruSekolah Dasar Islam Terpadu Al-Ikhlas. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(1). https://doi.org/10.54082/jamsi.171
Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C, PPK dan HOTS. Jurnal SOLMA, 8(1), 14–23. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2949.
Harefa, D. (2020, July). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).
Kartamiharja, M. R., Sopandi, W., & Anggraeni, D. (2020). Implementation of problem-based learning (PBL) approach in chemistry instructional with context of tofu liquid waste treatment. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(5), 47–77. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.5.4
Laksana, D. N. L., Kua, M. Y., Sudatha, I. G. W., Qondias, D., & Dinatha, N. M. (2024). Higher Order Thinking Skill of Elementary Pupil with Different Self Regulated in Learning using Printed and Electronic Learning Resources Based on Local Culture. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(2), 216–229. https://doi.org/10.47750/pegegog.14.02.26
Lenny, Z., Firman, F., & Desyandri, D. (2018). The effect of using quantum teaching and motivation in learning toward students achievement. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.24036/4.32143
Lubis, & Hidayat. (2021). Pengembangan Media Animasi Berbantuan Powtoon Melalui Pembelajaran Daring pada Operasi Bilangan Tiga Angka Dikelas II SD. Education Achievment: Journal of Science and Research, 2(3). https://doi.org/10.51178/jsr.v2i1.337
Kolomuc, A., Ozmen, H., Metin, M., & Acisli, S. (2012). The Effect of Animation Enhanced Worksheets Prepared Based on 5E Model for the Grade 9Students on Alternative Conceptions of Physical and Chemical Changes. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 46. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.374
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A. B., & Muntari, S. (2018). Identifikasi kesiapan LKPD guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20.
Mahmudah, S., Widayati, M., & Purbosari, P. M. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning. 4(4), 32–39. https://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/122
Martuti, M., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Video dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(1), 7157–7165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7860
Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(1), 88–104. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19.
Moinewa, Y. A., Laksana, D. N. L., Dolo, F. X., & Kua, M. Y. (2023). Pengembangan soal ipas sekolah dasar berbasis higher order thinking skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 722-735. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.2201
Mutlu, A. (2020). Evaluation of students’ scientific process skills through reflective worksheets in the inquiry-based learning environments. Reflective Practice, 21(2). https://doi.org/10.1080/14623943.2020.1736999
Pebriani, N. P. I., I.B. Putrayasa, & I.G. Margunayasa. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipa Tema 8 Kelas V Sd. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 76–89. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.980
Pramana, K. T. Y., Renda, N. T., & Jayanta, I. N. L. (2022). E-LKPD Berbasis HOTS dengan Liveworksheet Materi Sistem Pernafasan Manusia. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(3).
Pramono, D. (2023). Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di SMAN 11 Semarang. Journal of Education Research, 4(3), 1299-1316.
Priantini, D. A. (2020). The Development of Teaching Video Media Based on Tri Kaya Parisudha In Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4(4). https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608
Rachmantika, A. R. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. 2, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29029
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Shelviana, S., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2023). Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1621-1632.
Sukowati, D., Prasetyo, D. Y. B., & Yuwono, T. A. (2021). Analisis Kualitas Sensori Ikan Asap Berbahan Bakar Briket Campuran (Arang Bonggol Jagung dan Daun Jati) dan Bahan Bakar Kayu. Jurnal Pijar MIPA, 16(1), 81. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1712
Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153-166.
Tur Rosidah, C., Sulistyawati, I., Achmad Fanani, A., & Pramulia, P. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pembelajaran Tematik Berbasis Tik: Ppm Bagi Guru Sd Hang Tuah X Sedati. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 660–666. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1319
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia,5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journalof Education Technology, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Wirawan, D. O., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2023). E-LKPD Berbasis HOTS Materi Pecahan Berbantu Liveworksheets Berorientasi Pada Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2011-2021.
Yenni, R., Hermani., & Widodo, A. (2017). The Implementation of Integrated Science-scientific Issue (SSI) to Improve Student Scientific Literacy for Enviromental Pollution Theme. Matematic, Science and Computer Education, 1-5. Doi: 10.1063/1.4983970
Yıldız, S., & Zengin, R. (2021). Effect of Science Education Provided with Digital and in-Class Games on the Scientific Process Skills of Preschool Children. Journal of Science Learning, 4(4), 385–393. https://doi.org/10.17509/jsl.v4i4.30620
Yanti, Y., & Yusliani, E. (2020). Meta-Analisis : Pengaruh Integrasi Pendidikan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.24036/jppf.v6i1.108590.