EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARIAN DAN PERMAINAN TRADISIONAL FLORES TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2252Keywords:
eksplorasi, etnomatematika, tarian dolo-dolo, enggkleng/perekat.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep matematika yang ada pada permainan Tradisional engleng/perekat dan tarian Dolo-dolo. Rancangan penelitian menggunakan penelitian eksplorasi dengan menggunakan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Narasaosia Instrumen dalam penelitian yaitu wawancara studi lapangan dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari data reduction/reduks data, data display /penyajian data, dan conclusion drawing/ penarikan kesimpulan, verification/verifikasi. Berdasarkan hasil Eksplorasi dan analisis maka disimpulkan bahwa permainan tradisionala Engkleng/Perekat dan tarian tradisionala Dolo-dolo berkaitan dengan konsep geometri.
References
Dhiki, Yasinta Yenita. (2019). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Pada Alat Musik Tradisional Wolotopo Kabupaten Ende. Jurnal Dinamika Sains 3(1):92–95.
Dhiki, Yasinta Yenita, and Maria Goreti Diciloam Bantas. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bentuk Anyaman Ende. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika 5(1):61–67. doi: 10.37478/jupika.v5i1.1732.
Fauziah, & Niniwati. (2017). Ethno-Mathematics Exploration on the Carvings of Rumah Gadang In South Solok. Ijrdo-Journal Of Educational Research, 02(11),134–148.
Hardiarti, Sylviyani. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma 8(2):99. doi: 10.26877/aks.v8i2.1707.
Fitrisia Yessi, Revi.L.Pasaribu, Silvia S, & Mulnadus. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Ritual Adat Nimang Padi Suku Dayak Kanayat'n Di Kecamatan Toho. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1): 84-95. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil
Khofifah, L., Sugiarti, T., & Setiawan, T. B. (2018). Etnomatematika karya seni batik khas Suku Osing Banyuwangi sebagai bahan Lembar Kerja Siswa Materi Geometri Transformasi. KADIKMA, 9(3), 148–159. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i3.11066
Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. R. (2020). Etnomatematika pada kain tapis dan rumah adat Lampung [Ethnomathematics on Tapis cloth and Lampung traditional house). Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94-110. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1956
Marina & Izzati, N. (2019). Eksplorasi etnomatematika pada corak alat musik kesenian marawis sebagai sumber belajar matematika [Ethnomathematics exploration in the style of musical instruments namely marawis as a source of learning mathematics]. Jurnal Gantang, 4(1), 39-48. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1027 .
Mauluah, L., & Marsigit. (2019). Ethnomathematics for elementary student: Exploration The Learning Resources at Kraton Yogyakarta. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(7), 776–780.
Marina & Izzati, N. (2019). Eksplorasi etnomatematika pada corak alat musik kesenian marawis sebagai sumber belajar matematika [Ethnomathematics exploration in the style of musical instruments namely marawis as a source of learning mathematics]. Jurnal Gantang, 4(1), 39-48. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1027
Nugraha, Y. S. (2019). Ethnomathematical review of Toraja’s typical carving design ingeometry transformation learning. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042020
Orey, D. C., & Rosa, M. (2021). Ethnomodelling as a glocalization process ofmathematical practices through cultural dynamism. The Mathematics Enthusiast, 18(3), 439–468
Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di balik kerajinan anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80-89.
Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal dalam pembelajaran geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 10–22. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22
Pratiwi, Jhenny Windya, and Heni Pujiastuti. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2):1–12.
Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio. (2020). Learning geometry and values from patterns: Ethnomathematics on the batik patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439-456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456.
Sa’o, Sofia, Agustina Mei, Gregorius Sebo Bito, and Maria Fatima Mei. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pola Lantai Pada Formasi Tarian Tea Eku Daerah Nagekeo.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1760. doi: 10.24127/ajpm.v11i3.5359.
Septianawati, T., Turmudi, T., & Puspita, E. (2017). Ethnomathematics study: Uncovering units of length, area, and volume in Kampung Naga Society. Journal of Physics: Conference Series, 812 012021. Doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/812/1/012021
Sutarto Sutarto, Intan Dwi Hastuti, and Sri Supiyati. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen 7(2):324–35. doi: 10.29408/jel.v7i2.3251.
Wara S. Dominikus, Ofirenty E. Nubatonis, Patrisius A. Udil, Irna K. S. Blegur. (2023). Exploration Of The Weaving Activities In Timor Island For Mathematics Learning. Ethnomathematics Journal, 4 (1): 1-18 http://journal.uny.ac.id/index.php/ethnomath
Wulandari, I.G.A.P.A, & Puspadewi, K.R. (2016). Budaya dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika yang Kreatif. Jurnal Santiaji Pendidikan 6(1):31–37.
Yulianan Rahmawati.Z, Melvi Muchlian. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa 5 (2):124-136.
Ryopanintama, Yuniar Putra., Davet Nur Alviyan., Tri Astuti Arigiyati, & Krida Singgih Kuncoro. (2021). Etnomatematika Pada Bangunan Umbul Binangun dalam aktivitas pembelajaran matematika . Ethnomathematics Journal 2 (1): 21-30
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 012032. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032
Rosa, M., & Orey, D. C. (2013). Ethnomodeling as a research theoretical framework on ethnomathematics and mathematical modeling. Journal of Urban Mathematics Education, 6(2), 62–80.
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik Madura. Sigma, 2(2), 35–40. https://doi.org/10.0324/sigma.v2i2.124
Wewe, M. &, Wilibaldus Bhoke, W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Setting Etnomatika Ngada. Jurnal Aksioma, 11(2), 1573-1580. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5150