ANALISIS PENDIDIKAN KRITIS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2187Keywords:
pendidikan kritis, analisis pendidikan, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan kritis di SD. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yakni kepala sekolah, pendidik, orang tua dan peserta didik kelas satu SD Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini yakni pendidikan kritis di SD Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Keabsahan data diperiksa menggunakan triangulasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis secara kualitatif Miles dan Huberman yakni mengumpulkan suatu data, reduksi suatu data, menyajikan suatu data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni implementasi pendidikan kritis telah terwujud di SD Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dari pengembangan potensi yang terwujud melalui (1) kreativitas tanpa batas dan (2) kritis mengungkapkan pendapat. Selain itu, implementasi pendidikan kritis terwujud melalui aktualisasi diri yakni (1) kebebasan berpenampilan (2) pembelajaran khas kotak pertanyaan (3) kelas ekspresi dan (4) mandiri dalam menyelesaikan konflik.
References
Affandi, L. H., & Suastra, I. W. (2022). Kreativitas, Inovasi, dan Interpreneurship dalam Pedagogi Kritis: Sebuah Telaah Kepustakaan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3200-3212. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2551.
Arroisi, J. (2022). Problem Aktualisasi Diri Abraham Maslow Perspektif Al-Ghazali (Analisis Studi Pemikiran Psikologis). Aqlania: Jurnal Filsafat dan Teologi Islam, 13(2), 169-188.
Aryzona, E. F., Asrin, A., & Syazali, M. (2023). Analisis Kompetensi Guru dan Desain Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 424-432. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1156.
Choiri, M. M., & Fitriani, A. (2021, December). Makna Pendidikan dalam Perubahan: Studi Komparasi Aliran Pendidikan Kritis dan Liberalisme Pendidikan. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar (Vol. 1, No. 1, pp. 353-360).
Dewantara, K.H. (2004). Karya Ki Hajar Dewantara. Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Dinamika Edukasi Dasar. (2023). Buku Pegangan Orang tua Siswa SD Eksperimental Mangunan. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.
Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan analisis kritis terhadap faktor penghambat pendidikan karakter di Indonesia. Jurnal basicedu, 5(4), 1766-1777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014.
Freire. (2008). Pendidikan kaum tertindas. Jakarta: LP3ES.
Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157.
Herman, H., Silalahi, D. E., & Sinaga, Y. K. (2023). Collaborative teacher and students sebagai realisasi pembelajaran inovatif. Indonesia Berdaya, 4(1), 267-272. https://doi.org/10.47679/ib.2023408.
Hidayah, Y., Suyitno, S., & Sari, L. R. (2019). Analisis Kemampuan Resolusi Konflik Siswa Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(1), 607-614. https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i1.1726.
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31-39.
Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4731-4744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2869.
Kurniawan. (2021). Pembaharuan pemikiran pendidikan Paulo Freire. Malang: Intrans.
La Ali Dono, A., & Kusumawati, I. (2021). Peran Keluarga dalam Mendorong Kualitas Pembelajaran di Sekolah menurut konsep Ki Hadjar Dewantara dan Romo Mangun. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 1(1), 40-61. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v1i1.1624.
Mahur, Y., Riyanto, Y., & Roesminingsih, E. (2019). Paulo Freire: Critical, Humanist and Liberating Education (Critical Reflections on Indonesian Education). International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8), 873-877. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i8.2242.
Mangunwijaya. Y. B. (2020) Sekolah merdeka: pendidikan pemerdekaan. Jakarta:Kompas.
Marliyani, T., & Muhtar, T. (2022). Analisis Kebijakan Kurikulum Baru dalam Perspektif Pedagogik Kritis: Telaah Kritis Kebijakan Pendidikan Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 5545-5552.
Panggabean, J. Z. Z. (2022). Pendidikan Kristiani Berbasis Berpikir Kritis: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran Demokratis Berdasarkan Pemikiran Pendidikan Membebaskan Menurut Paulo Freire. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 127-145.
Panjaitan, J. K., & Manullang, J. (2022). Relevansi Pendidikan Kritis Henry Giroux dengan Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 609-616.
Putu Abdullah, A. K., & Sunarso, S. (2022). Penerapan Pendidikan Humanis Demokratis di Sekolah Dasar Eksperimental Mangunan. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 6(2), 93-107.
Rahardjo. (2019). Sekolah biasa saja. Yogyakarta. Insist.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus dkk. (2020). Kesiapan dunia pendidikan. IAIN Nusantara.
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.
Suyati, E. S., & Rozikin, A. Z. (2021). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Tilaar, H.A.R. (2011). Pedagogi kritis: Perkembangan, substansi, dan perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Valls-Carol, R., de Mello, R. R., Rodríguez-Oramas, A., Khalfaoui, A., Roca-Campos, E., Guo, M., & Redondo, G. (2022). The critical pedagogy that transforms the reality. International Journal of Sociology of Education, 11(1), 58-71. http://dx.doi.org/10.17583/rise.7088.
Wahyuni, M. E., Prasetya, A. E., & Murtini, S. (2023). Analisis pembelajaran khas kotak pertanyaan: studi pada SD Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 650-661. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1874.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).