ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA PEMECAHAN MASALAH SPLDV BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS

Authors

  • Am Ayu Kusuma Dewi Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Dian Devita Yohanie Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Ika Santia Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2184

Keywords:

Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, SPLDV, Kemampuan Matematis

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terdapat 70? siswa SMPN 1 Loceret belum menunjukkan proses berpikir kritis pada proses pemecahan masalah SPLDV, padahal proses berpikir kritis merupakan aspek yang sangat penting yang harus dimiliki siswa ketika belajar matematika, terutama ketika memecahkan masalah yang membutuhkan alternatif pemecahan yang lebih mendalam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis berpikir kritis siswa SMP pada pemecahan masalah SPLDV bersadarkan kemampuan matematis tinggi, sedang, rendah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dihasilkan akan berupa hasil triangulasi yang diperoleh dari hasil tes tulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Loceret yang berjumlah 3 siswa (SM,SD,FA). Hasil penelitian menunjukkan Subjek dengan proses berpikir kritis tinggi dapat mengungkapkan setiap indikator berpikir kritis dengan lancar sehingga subjek dapat menyelesaikan masalah dengan tepat. Subjek dengan proses berpikir kritis sedang kurang dapat mengungkapkan setiap indikator berpikir kritis dengan lancar sehingga subjek kurang dapat menyelesaikan masalah dengan tepat. Subjek hanya  menentukan informasi-informasi penting yang ada pada soal nomor 1 dan 2 dengan menuliskan informasi tersebut pada lembar jawaban. Subjek dengan proses berpikir kritis rendah tidak dapat mengungkapkan setiap indikator berpikir kritis dengan lancar sehingga subjek tidak dapat menyelesaikan masalah dengan tepat. Subjek hanya menentukan informasi-informasi penting yang ada pada 1 soal dengan menuliskan informasi tersebut pada lembar jawaban.

References

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446. DOI: https://doi.org/10.31980/moshar afa.v8i3.534

Asmarani, N. D. A. D., YOHANIE, D. D., & HANDAYANI, A. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 1 Kota Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Asmarani, N. D. A. D., Yohanie, D. D., & Handayani, A. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berkemandirian Belajar Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 496-506). https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1270

Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371-378. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p371-378

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129-136. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553

Febriliyani, A., & Ratu, N. (2018). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 180-189. https://doi.org/10.33654/math.v4i3.111

Harsanto, Radno. (2016). Melatih Anak Berpikir Analitik, Kritis dan Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Hidayat, W. (2017). Metaphorical Thinking Learning and Junior High School Teachers' Mathematical Questioning Ability. Journal on Mathematics Education, 8(1), 55-64.

Hendriana, H., Hidayat, W., & Ristiana, M. G. (2018, January). Student teachers’ mathematical questioning and courage in metaphorical thinking learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012019). IOP Publishing.

Hidayat, W. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). In Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis matematik serta kemandiriaan belajar siswa smp terhadap materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515-523. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.106

Imayanti, I., Syarifuddin, S., & Mikrayanti, M. (2021). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.53299/diksi.v2i1.81

Karim and Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 1, pp. 92-104, 2015.

Lutfiani, S. A., DARSONO, D., & YOHANIE, D. D. (2021). Analisis Berpikir Kritis Siswa Kelas X Man 1 Kota Kediri Dalam Memecahkan Masalah Berbasis Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Belajar (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.341

Novtiar, Chandra, and Usman Aripin. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open-Ended.” Jurnal PRISMA 4(2): 119–31.

Puspita, V., Yuhelman, N., & Rifandi, R. (2020). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 20. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735

Rahman, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, volume 4, 9–18. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2085

Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation between Self-Efficacy toward Math with the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177- 182. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p177-182

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18, pp. 1-6).

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung: ALFABETA.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.

Sumarmo, U., Mulyani, E., & Hidayat, W. (2018). Mathematical Communication Ability and Self Confidence Experiment with Eleventh Grade Students Using Scientific Approach. JIML-Journal of Innovative Mathematics Learning, 1(1), 19-30.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 39-45. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616

Widayanti, Suyono, & Rahayu, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Concept dengan Mengontrol Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas VII SMP. JPPM, 11(1).

Widodo, S., Santia, I., & Jatmiko, J. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan matematika pada pemecahan masalah analisis real. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2).

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325-332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Dewi, A. A. K., Yohanie, D. D., & Santia, I. (2024). ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA PEMECAHAN MASALAH SPLDV BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 207–217. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2184

Issue

Section

Articles

Citation Check