KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2177Keywords:
pemecahan masalah, pembelajaran matematikaAbstract
Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru matapelajaranmatematika yang mengatakan bhwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, hal ini diperkuat dengan adanya bukti dari hasil nilai PTS pelajaran matematika siswa SMP Negeri 1 Grogol.Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaiakan persoalan dalam materi SPLDV di SMP Negeri 1 Grogol. Metode pendekatan yang dikunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan diskriptif kualitatif. Subjek penelitian Siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 grogol yang berjumlah 32 siswa. untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk tes soal tertulis dan pendoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kateggori nilai PTS matematika tinggi berhasil menyelesaian semua persoalan matematika dengan lengkap dan benar. Siswa dengan kategori nilai PTS matematika sedang mampu memahami masalah dalam soal yang diberikan namun kurang teliti dalam pengerjaan. Siswa dengan kategori nilai PTS matematika rendah belum mampu mengerjakan persoalan matemtika yang diberikan.
References
Budiarti, Novi Yulia. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Self Confidence (Kepercayaan Diri) Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Lingkaran. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9.
Fadillah, S. (2010). Kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1(4), 338–553.
Fauziah, N. S., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Spldv Tingkat Smp Ditinjau Pada Gaya Belajar. Sigma, 7(2), 113–122. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1373
Febriana, Evilia Yohanie, Dian Devita Nurfahrudianto, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas Xi Pada Materi Program Linear. Biomass Chem Eng, 3(2)
Hendriana, & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika Bandung. In PT Refika Aditama Komunikasi dan Representasi Matematis. Jurnal Pengajaran MIPA (Vol. 4, Issue 1). Refika Aditama.
Hidayah, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas X MA Al Asror Kota Semarang. In Skripsi.
Juliana, Ekawati, D., & Basir, F. (2017). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121–133.
Mairing, J. P. (2018). Pemecahan masalah matematika cara siswa memperoleh jalan untuk berfikir kreatif dan sikap positif (Pertama). Alfabeta.
Muhtadi, A., Assagaf, G., & Hukom, J. (2022). Self-Efficacy and Students’ Mathematics Learning Ability in Indonesia: A Meta Analysis Study. International Journal of Instruction, 15(3), 1131–1146. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15360a
Negara, B. W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Polya Dalam Aspek Merencanakan. In Society (Vol. 2, Issue 1).
Novitasari, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP Dengan Menggunakan Soal Programme for International Student Assesment (PISA) Pada Konten Ruang dan Bentuk.
OECD. (2019). Assesment and Analitycal Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Secretary General of OECD. Japanese Journal of Anesthesiology, 24(1), 12–17.
Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Rahmawati, A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 365–374. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1012
Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD (N. N. Muliawati (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.
Zamrodah, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Salahutu. 15(2), 1–23.