PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2147Keywords:
Hasil Belajar, Discovery Learning, IPAAbstract
Kasus rendahnya hasil belajar siswa dalam pelatihan disebabkan karena tidak adanya perhatian siswa dalam siklus belajar, selain itu persekolahan masih suram sehingga hasil belajar siswa rendah. Rencana masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh hasil yang diperoleh dari kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan kelas yang menggunakan model biasa. Demikian pula tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui dampak model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Ujian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan bermacam data yang digunakan adalah sebagai uji sasaran yang sesuai dengan penanda. Penelitian yang menggunakan informasi t-test dicoba terlebih dahulu menggunakan uji fundamental, khususnya uji kenormalan dan uji homogenitas. Hal ini menyebabkan tingkat keterampilan siswa sebelum menggunakan model pembelajaran hanya mencapai 70,64, kemudian setelah menggunakan model pembelajaran pengungkapan nilai rata-rata yang didapat adalah 85,93. Berkaitan dengan hal tersebut, maka cenderung diduga bahwa model pembelajaran pengungkapan informasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
References
Artini, N. P. J. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 2085, 1–14.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi penelitian.
Dewi Astiti, N., Putu, L., Mahadewi, P., Suarjana, I. M., & Kunci, K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA A R T I C L E I N F O. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI
Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442
Ding, C. (2022). Examining the context of better science literacy outcomes among U.S. schools using visual analytics: A machine learning approach. International Journal of Educational Research Open, 3(July), 100191. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100191
Faan, E. M., Yulianto, A., & Asrul, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.832
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi. Jurnal VARIAN, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331
Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Fatimah, L. U. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8, 37–64.
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1907–1914. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/894
Gede, P., Artawan, O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. 3(September), 454–460.
Icam Sutisna. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, April, 1–15.
Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Jones, M. G., Chesnutt, K., Ennes, M., Macher, D., & Paechter, M. (2022). Studies in Educational Evaluation Measuring science capital , science attitudes , and science experiences in elementary and middle school students. Studies in Educational Evaluation, 74(July 2021), 101180. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101180
Lamb, R., Neumann, K., & Linder, K. A. (2022). Real-time prediction of science student learning outcomes using machine learning classification of hemodynamics during virtual reality and online learning sessions. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3(May), 100078. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100078
Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, E. M. (2017). The Effect of Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. Journal of Research & Method in Education, 7(6), 1–08. https://doi.org/10.9790/7388-0706010108
Ns. Arif Munandar, S.Kep., M. K. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. In News.Ge (Issue March).
Nyoman, A. P. L., & Astika, M. S. (2022). The Effect Of Discovery Learning Implementation On Science Literature Ability Reviewing From Self Regulation Learning Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 113.
Oktavioni, W. (2017). Pembelajaran Ipa Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V Sd Negeri 186 / 1 Sridadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Artikel Ilmiah, 1–21.
Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 166.
Primantiko, R., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1134
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V7i1.20
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 94.
Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 63.
Ruf, A., Zahn, C., Agotai, D., Iten, G., & Opwis, K. (2022). Aesthetic design of app interfaces and their impact on secondary students’ interest and learning. Computers and Education Open, 3, 100075. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2022.100075
Setyaningsih, E., Dwiyanti, A. N., & Budiarti, W. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas V SD Negeri Slarang 01 Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Anak Cerdas Dan Pintar, 4(1), 47–52.
Sulastri, A., Sugiyono, & Uliyanti, E. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengerahuan Alam Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelas Iii. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNTAN, Pontianak, 1–18.
Sutarto, H., Gunawan, I., & DALLE, J. (2018). Statistika Inferensial Teori dan aplikasinya.
Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 342–351.
Wacana, K. S. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.91
Yu, J., Kreijkes, P., & Salmela-Aro, K. (2022). Students’ growth mindset: Relation to teacher beliefs, teaching practices, and school climate. Learning and Instruction, 80(January), 101616. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2022.101616
Yuniana, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. Https://Doi.Org/10.21831/Jorpres.V13i1.12884