ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MATERI KPK DAN FPB

Authors

  • Asmaul Fitriani Universitas Triatma Mulya, Indonesia
  • Made Sri Astika Dewi Universitas Triatma Mulya, Indonesia
  • I Made Aditya Dharma Universitas Triatma Mulya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2146

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep, Miskonsepsi, KPK dan FPB

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas tidak selalu berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kesalahpahaman yang dimiliki siswa ketika mencoba memahami soal cerita pada KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Partisipan penelitian adalah sampel 7 siswa kelas IV SD Negeri 3 Lelateng yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi esai dan wawancara. Berdasarkan penelitian terdapat hasil yang didapat yaitu tujuh siswa yang memiliki kesalahpahaman terbesar diwawancarai. Siswa dibagi menjadi empat kategori: mereka yang memahami konsep 5%, mereka yang tidak 65%, dan mereka yang tidak yakin 50%. Berdasarkan temuan penelitian, dari temuan penelitian terdapat 80% miskonsepsi.

References

Adilingtyas, S. (2022). Koneksi matematika dalam proses penyelesaian soal cerita materi FPB dan KPK siswa kelas IV SD. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 54–59. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/152https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/download/152/109

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa. ResearchGate, 5(May), 0–7. https://www.researchgate.net/publication/333293321

Aliustaoğlu, F., Tuna, A., & Biber, A. Ç. (2018). Misconceptions of sixth grade secondary school students on fractions. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(5), 591–599. https://doi.org/10.26822/iejee.2018541308

Amalia, S. R. (2017). Analisis kesalahan berdasarkan prosedur newman dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505

Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3228

Amir, Z. (2015). Mengungkap Seni Bermatematika Dalam Pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364

Dewi, made sri astika. (2022). analisis miskonsepsi anak sekolah dasar dalam memahami konsep nilai tempat bilangan dua angka pada pembelajaran matematika. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Dewi, made sri astika; lestari, nyoman ayu putri. (2022). the influence of active learning strategies on mathematics learning motivation of fifth grade students of elementary school (SD) nakulacluster, jembrana sub-distric. Pendidikan Dasar Nusantara, 58–69.

Dewi, M. S. A. (2022). Pembelajaran Matematika SD untuk Mahasiswa PGSD. Nilacakra.

Dzulfikar, A., & Vitantri, C. A. (2017). Miskonsepsi Matematika Pada Guru Sekolah Dasar. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 41. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3409

Febriyanti, D. S., Hamdani, H., & Sabri, T. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Iv Sd Menyelesaikan Soal KPK dan FPB Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i1.52075

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Jarmita, N., & Rusmi, N. A. (2019). Apakah Penyebab Terjadinya Miskonsepsi Siswa Pada Operasi Hitung? Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(1), 45. https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.2004

Lestari, nyoman ayu putri; made sri astika dewi. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 72. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12845

Lestari, nyoman ayu putri; made sri astika dewi. (2022). the effect of discovery learning implementation on science literature ability reviewing from self regulation learning elementary school students. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 100–113.

Dzulfikar, A., & Vitantri, C. A. (2017). Miskonsepsi Matematika Pada Guru Sekolah Dasar. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 41. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3409

Febriyanti, D. S., Hamdani, H., & Sabri, T. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Iv Sd Menyelesaikan Soal KPK dan Fpb Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i1.52075

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Li, H., Zhang, A., Zhang, M., Huang, B., Zhao, X., Gao, J., & Si, J. (2021). Concurrent and longitudinal associations between parental educational involvement, teacher support, and math anxiety: The role of math learning involvement in elementary school children. Contemporary Educational Psychology, 66. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2021.101984

Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329

Marniati, T. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Miskonsepsi Matematis Siswa SD Negeri 1 Lalolae. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 6(2), 34. https://doi.org/10.24269/silogisme.v6i2.4138

Matitaputty, C. (2018). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113–119. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.266

Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172–182. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.182

Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403

Munaji, & Setiawahyu, M. I. (2021). Profile of mathematical ability of junior high school student in Cirebon based on TIMSS standards. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012063

Nasaruddin, N. (2018). Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.93

Novitasari, E. (2019). Analisis Miskonsepsi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB Dan KPK Menggunakan Certainly Of Response Index (CRI) Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Jember. 8, 14. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90417

Purba, E. N., Armanto, D., & Simaremare, A. (2018). The Effect of Write Pair Switch Method To The Ability Of Mathematical Communication and Student Learning Interaction in Class V SD Swasta Nurul Hasanah. https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.26

Purwaningtyas, Briyan. Sary, Ryky. Artharina, F. (2020). Analysis of misconceptions in fpb and kpk material for students. International Journal of Elementary Education, 4(4), 596–604.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(01), 15–21. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.244

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Fitriani, A., Dewi, M. S. A. ., & Dharma, I. M. A. (2024). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MATERI KPK DAN FPB. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 25–35. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2146

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)