PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SUPLEMEN PETA PIKIRAN TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1184Keywords:
problem based learning, peta pikiran, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan berpikir kritis siswa antara kelompok pretest dan posttest yang dibelajarkan dengan model problem-based learning suplemen peta pikiran. Rancangan yang digunakan One Group Pretest-Posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Inpres Roja 2 Kota Ende tahun ajaran 2022/2023. Dengan teknik sampel nonprobability sampling, yakni sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Data berpikir kritis diperoleh melalui tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa berpikir kritis siswa pada kelompok pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan yakni dilihat dari mean rata-rata kelas pretest bernilai sebesar 58,7 sedangkan kelompok posttest yang diterapkan dengan model problem-based learning berbantuan peta pikiran senilai 73,8 rata-rata skor. Hasil perhitungan uji-t independent diperoleh nilai sig 0,000<0,05. Dengan demikian, model model problem based learning suplemen peta pikiran berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa SD.
References
Aiman, Ummu., Nyoman D., Ketut S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Volume 6, Nomor 2. p-ISSN 2355-5106 || e-ISSN 2620-664.
Aiman, Ummu., Rizqy Amelia R. A. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. Vol.1 (1) hal. 1-5.
Aiman, Ummu., Sunimbar., Farhan Suhada. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Dengan Suplemen Peta Pikiran Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik kelas IV SD Inpres Roja 2 Kota Ende. Seminar Nasional Paedagoria Universitas Muhammadiyah Mataram Mataram, 16 Agustus 2022 ISSN 2807-8705 | Volume 2.
Anazifa, R. D. (2016). The Effect of Problem-Based Learning on Critical Thinking and Student Achievement in The 1 Bantul Senior High School. International Conference on Educational Research and Innovation. 6(2), 190—193.
Astuti, S. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas V SDN Sidorejo Lor V Salatiga.Jurnal Ilmiah Pendidikan sekolah dasar,11(21).
Barus, Maria., Hasruddin., Anita Yus. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal temati, 3 (1).
Flamboyant, U. F., Murdani, E., & Soeharto. (2018). Pengaruh Model Prolem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang Materi Hukum Archimedes. Jurnal Pendidikan IPA STKIP Singkawang, 1(2), 51—59.
Irwan, Hidayat., Siti Malikhah Towaf., Ruminiati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative script Berbantuan mind map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan hasil belajar IPS Siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Teori,Penelitian,dan Pengembangan.2 (4). Hal 562—568.
Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Dalam Tema 8 Kelas 4 SD. e-jurnal mitra pendidikan, 2(7), 613-628.
Meilani, Dian., Ummu Aiman. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbasis 4C Berbantuan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5). Hal 4146 – 4151.
Motto, Mardiana., Ummu Aiman. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkakan Hasil Belajar Peserta Didik Tema Panas Dan Perpindahannya Subtema Suhu Dan Kalor Kelas V Sdk Fatuknutuk Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding Seminar Nasional Kependidikan. Proseding E-ISSN : 2828-4623, P-ISSN : 2828-4712. 2 Oktober 2021.
Muspratiwi Pertiwi MR., Lia Yuliati., Abd.Qohar. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Inkuiri Terbimbing dipadu Carousel Feedback pada Materi Sifat-sifat Cahaya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3 (1).Hal21—28.
Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 1(2), 99-108
Soi, Yasinta., Ummu Aiman. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020 Pendidikan di Masa Pandemi: Menelaah dari Daerah” ISBN 978-623-6613-01-6; Publikasi Online 5 September 2020.
Sunimbar, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran (studi lapangan-peta pikiran) dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis karya ilmiah pembelajaran IPS SD mahasiswa PGSD Muhammadiyah Kupang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 33–43.
Susanto, A. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika,5(5)1:6. Oktorber 2015.
Uslan, U., & Nuriyah, N. (2018). Model Student Centered Learning (SCL) di Sekolah Dasar (SD) yang Inovatif Terintegrasi Pembelajaran Terpadu. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 63–67.
Yuliani, Ni Putu., Gede Margunayasa., Desak Putu Parmiti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Pogil Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD. Journal of Education Technology,Vol. 1 No. (2) pp. 117-123.
Yuyun, D. Haryanti. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 3 (2) Edisi Juli 2017. p-ISSN: 2442-7470 e-ISSN: 2579-4442.