PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA SISWA KELAS I SD

Authors

  • Ahmad Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Ummu Aiman Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Julhidayat Muhsam Universitas Muhammadiyah Kupang , Indonesia

Keywords:

kemampuan membaca, pendekatan pengalaman berbahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD setelah pengajaran membacanya didesain dengan pendekatan pengalaman berbahasa, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang bersiklus. Subjek penelitian adalah kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 3 Oeba Kupang yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh hasil bahwa secara individu masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai di bawah standart (<70) dan secara klasikal berhasil mencapai angka 74,26 atau mencapai kategori nilai baik. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 8,24% menjadi 80,38 atau mencapai kategori nilai sangat baik pada pelaksanaan penelitian siklus II karena pada penelitian siklus II siswa cenderung aktif tanya-jawab, berkomentar kritis, memperhatikan dengan sungguh-sungguh, dan antusias dalam menceritakan kegemarannya. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik dan positif antara penelitian siklus I dan siklus II.

References

Alfulaila, N (2014). Pengaruh Pendekatan Whole Languange Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD. Elementary School of Education, media publikasi ilmiah PGSD, 2(1).

Hardja, S., Ahmad S., dan Yeti M. (1996). Membaca 2. Jakarta: Depdikbud.

Iriani, S (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman, dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD 004 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1).

Mulyati, Y. (1998). Evaluasi pengajaran bahasa. Jakarta: Depdikbud.

Sari, A.W (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang efektif. Jurnal EduTech. Vol 2: (1).

Sunarti, L. (1996). Metode penilaian dan pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Depdikbud.

Supardi. (2000). Mengembangkan masalah dan hipotesis penelitian tindakan kelas. Semarang: Lembaga Penelitian IKIP Semarang.

Tjoe, J.L (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1).

Yunus, M. (1998). Penilaian pembelajaran bahasa holistik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2019-03-15

How to Cite

Ahmad, Aiman, U. ., & Muhsam, J. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA SISWA KELAS I SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(2), 72–83. Retrieved from http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/10

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)