PEMBELAJARAN DAN PENDAMPINGAN PROJECT BASED LEARNING DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PRODUK UNGGULAN PADA JURUSAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA DI SMKN 1 BORONG

Authors

  • Nicolaus Noywuli Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Marten Umbu Kaleka Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Umbu A. Hamakonda Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Elfridus Andi Loke Nono Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Victoria Coo Lea Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Karina Dhena Goda Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa

DOI:

https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.4051

Keywords:

ATPH, Kewirausahaan, Pendampingan, Project Based Learning, Sekolah Vokasi

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Borong adalah sekolah mitra yang ada di kabupaten manggarai timur, Nusa Tenggara Timur. Sekolah ini dipilih karena belum menerapkan pembelajaran berbasis proyek terkhusus produk unggulan sekolah. Kemitraan sudah berlangsung selama delapan bulan diantaranya dan menghasilkan kurikulum dan bahan ajar hasil link and match serta produk umbi singkong. Tujuan pembelajaran dan pendampingan project based learning dan kewirausahaan pada Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura SMKN 1 Borong untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan lulusan yang siap bekerja dan berwirausaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ceramah dan pendampingan kewirausahaan. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik yang diikuti oleh seluruh Guru Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura bersama Kepala Sekolah SMKN 1 Borong dan koordinator pengawas SMA/K Kabupaten Manggarai Timur. Peserta kegiatan telah memperoleh pengetahuan tentang penerapan pembelajaran berbasis proyek dan kewirausahaan yang akan berguna untuk mempersiapkan peserta didik menjadi lulusan siap kerja dan berwirausaha.

References

Alma, B. (2013). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Irfan, A. M., Nurlaela dan Sunardi. (2017). SMK Berbasis Potensi Unggulan Daerah Dan Kebutuhan Masyarakat Sebagai Upaya Mengeliminasi Citra Sekolah Second Choice. Disampaikan dalam Seminar Nasional Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Kaleka, M. U., & Lea, V. C. (2024). Pengembangan Usahatani Tanaman Singkong di Lahan SMKN 1 Borong Kabupaten Manggarai Timur. Jurnal MeA (Media Agribisnis), 9(1), 87–95.

Noywuli, N., Kaleka, M. U., Uran, M. A. D., Taus, I., Puspita, V.A & Goda, K.D. (2024). Workshop dan Pendampingan Identifikasi Produk Unggulan Jurusan ATPH SMKN 1 Borong Kabupaten Manggarai Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 86–92. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i1.3173

Nugroho, A. E. S. (2013). Kontribusi Prestasi Praktikum Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Busana Butik SMK Negeri 1 Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sabatari, W. & Hariyanto, V. L. (2013). Upaya Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Potret Komitmen Terhadap Standar Nasional Proses Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 21 (3): 285-293.

Slamet, P. H. (2013). Pengembangan SMK Model untuk masa depan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 32(1): 14-26.

Sudiyono. S. S. (2019). Teaching Factory Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan di SMK. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(2): 159–181.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Noywuli, N., Kaleka, M. U., Hamakonda, U. A., Nono, E. A. L., Lea, V. C., & Goda, K. D. (2024). PEMBELAJARAN DAN PENDAMPINGAN PROJECT BASED LEARNING DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PRODUK UNGGULAN PADA JURUSAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA DI SMKN 1 BORONG. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(3), 842–850. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.4051

Issue

Section

Articles