PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PRAKTIK PEMBELAJARAN BERBASIS PERKEMBANGAN SISWA BAGI GURU DI SD PERSATUAN BINONG

Authors

  • Ganda Sari Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Bertha Natalina Silitonga Universitas Pelita Harapan , Indonesia
  • Oce Appulembang Universitas Pelita Harapan , Indonesia
  • Kimura Tamba Yayasan Nusantara Sejati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3914

Keywords:

Pelatihan, Guru, Praktik Pembelajaran berbasis Perkembangan, RPP

Abstract

Salah satu aspek dari kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan untuk mengenali karateristik perkembangan siswa. Kemampuan tersebut menunjukkan kemampuan guru melihat karakteristik siswa dalam belajar. Semakin baik guru mengenal karakterisik perkembangan siswa akan semakin peka dalam menyusun RPP dan berdampak pada perkembangan dan hasil belajar siswa yang optimal. Untuk itu, guru perlu belajar dan mampu berefleksi setiap hari untuk mengembangkan potensi dan mengerjakan panggilannya sebagai guru profesional. Pelatihan dan pendampingan praktik pembelajaran berbasis perkembangan siswa bagi guru di SD Persatuan Binong adalah salah satu upaya untuk memberikan penguatan kepada guru akan pentingnya mengenali kebutuhan siswa. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada guru mengenai pentingnya mengenali kebutuhan siswa agar dapat berkembang dan belajar dengan optimal dan mengimplementasikannya dalam penyusunan RPP pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pendampingan dalam bentuk ceramah interaktif yang disertai tanya jawab, diskusi dan workshop. Hasil yang diperoleh yaitu bahwa kegiatan ini telah berjalan dengan baik dimana guru mendapatkan pemahaman yang baik mengenai pentingnya mengenali kebutuhan perkembangan siswa dan kegiatan belajar. Hal-hal ini menjadi acuan penting untuk menyusun RPP, menentukan media ajar dan pemilihan metode mengajar. Dampak dari penerapan RPP tersebut dialami secara langsung oleh siswa yakni siswa semakin fokus, antusias dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran dibanding sebelumnya.

References

Falentina, I., Ifana, Henry, S. Y., & Jayanti, P. P. (2021). Penerapan Pendekatan CPA Berbantuan Media Jarkuba Apk terhadap Koneksi Matematis Siswa Kelas V SD 3 Mayahan. Guru Tua; Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2):1–8.

Graham, D. L. (2009). Teaching Redemptively: Bringing Grace and Truth Into Your Classroom. Purposeful Design Publications.

Hakim, Lukmanul, Safruddin, S., & Husniati, H. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) Yayasan Hadi Sakti. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1):142–53. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1100.

Issler, Klaus & Habermas, R. (2002). How We Learn A Christian Teachers’s Guide to Educational Psychology. Eugene, Oregon: Resource Publications an Imprint of Wipf and Stock Publisher .

Mastuti, Ajeng, G., Abdillah, A., & Maya, R. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop Dan Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5):1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9682.

Melati, Hustarna, Susanah, Reny, H., Thabran, & Yulhenli. (2022). Pelatihan Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Karya Abdi Masyarakat Universitas Jambi, 6(1):115–27.

Novita, P. (2019). What Happened to Initial Teacher Education in Indonesia? A Review of the Literature. European Journal of Social Sciences Education and Research, 6(3):88. https://doi.org/10.26417/ejser.v6i3.p88-103.

Puspitasari, E. (2015). Profesionalisme Guru dalam Mengenal Perkembangan Siswa Sebagai Subjek Belajar. Jurnal Edoeksos, 4(2), 1-11.

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1): 206–31.

Radiusman, R. & Maslina, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) terhadap Kemampuan Representasi Matematis pada Topik Trigonometri. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2): 118. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.5809.

Rakhmania, Raisa, Margaretha, P., & Benedicta, P. D. R. (2023). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Memahami Teori dan Praktik Pendidikan untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6): 6591–6608. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5340.

Salmawati, Rahayu, & Wahyu, L. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6 (2) .

Sari, G. & Bertha, N. S. (2024). Gambaran Pembelajaran Berbasis Developmentally Appropriate Practice (DAP) di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9(1):408–15. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.849.

Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(2).

Suratman, S., Yasir, A., & Syaiful, E. (2020). The Influence of Principal’s Leadership and Teacher’s Competence toward Teacher’s Performance in Indonesia. Journal of Social Work and Science Education, 4(2)

Tantra, I. W. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan RPP melalui Pendampingan Berbasis KKG bagi Guru SD Negeri 32 Mataram Semester Satu Tahun 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(2):121–32.

Tarigan, R. A., Ari, S., & Saparudin, M. (2023). Enhancing Indonesia’s Education Quality: Identifying and Addressing Key Challenges. 1st International Students Conference on Business, Education, Economics, Accounting, and Management (ISC-BEAM) 659–70.

Zani, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 elaluim Pendampingan (Coaching) di SDN 016 Tambusai Utara Kab. Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Edu Sains, 2(1).

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Sari, G., Silitonga, B. N., Appulembang, O., & Tamba, K. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PRAKTIK PEMBELAJARAN BERBASIS PERKEMBANGAN SISWA BAGI GURU DI SD PERSATUAN BINONG . Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(3), 718–730. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3914

Issue

Section

Articles

Citation Check