WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SDN OEFOE KECAMATAN ROTE BARAT

Authors

  • Vinsensia H. B. Hayon Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia
  • Theresia Wariani Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia
  • Alfons Bunga Naen Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3792

Keywords:

Pendampingan, Penelitian Tindakan Kelas, Workshop

Abstract

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sangat penting bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, profesionalisme, kinerja, dan motivasi. PTK juga dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, guru perlu dilatih untuk dapat melakukan PTK. Guru Sekolah Dasar Negeri Oefoe belum memiliki pengalaman melakukan PTK dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan dari kegiatan ini adalah menghasilkan rancangan PTK, mendampingi guru melaksanakan PTK, dan membimbing guru menulis laporan PTK. Mitra dari kegiatan ini adalah guru kelas I, II, III, IV dan V di UPTD SDN Oefoe Kecamatan Rote Barat Kabupaten Rote Ndao. Metode pelatihan yang digunakan adalah Workshop untuk penyusunan proposal, metode Pendampingan untuk pengambilan data PTK dan Workshop untuk penulisan laporan PTK. Berdasarkan hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan workshop, guru SDN Oefoe Kecamatan Rote Barat Kabupaten Rote Ndao mampu menghasilkan lima proposal PTK. Melalui kegiatan pendampingan, semua (100%) guru peserta kegiatan mampu melaksanakan PTK di kelas masing-masing. Melalui kegiatan workshop, guru mampu menghasilkan lima laporan PTK untuk SD Kelas I, II, III, IV dan V.  

References

Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bandung: Bumi Aksara.

Akramunnisa, A., Hardiana, H., & Kilawati, A. (2021). Pendampingan Penyusunan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit Guru dan Penelitian Tindakan Kelas Pada SDN 49 Mappatongko Kota Palopo. Jurnal IPMAS, 1(3), 152-156

Ahmadi, F., Widihastrini, F., & Widhanarto, G. P. (2018). IBM Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abdimas, 22(2), 137-142.

Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media

Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, I., & El Khuluqo, I. (2020). Pemberdayaan guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 22-30.

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 5(1), 9-19.

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Bandung : UPI Press

Herlandy, P. B., Ismanto, E., Novalia, M., & Alrian, R. (2018). Pelatihan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dan Teknik Publikasi Jurnal Ilmiah bagi Guru SMK Negeri 1 Rengat. Jurnal Pengabdian UntukMu NegerI, 2(1), 38-42.

Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., ... & Aini, K. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pradina Pustaka.

Purwanto, E. S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Purbalingga: Cv. Eureka Media Aksara

Rahmawati, A., Lukman, H. S., & Setiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 79-90.

Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76-82.

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Semarang : Pilar Nusantara.

Rustiyarso, M. S. (2021). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Noktah.

Sagita, A., Wahyudin, E., Latiefah, L., Ramdhan, R. M., & Padilah, T. (2023). Strategi Membangun Kolaborasi dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 48-56.

Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2572-2721.

Wiradimadja, A., Kurniawan, B., & Sukamto, S. (2019). Pelatihan PTK Bagi Guru IPS SMP/MTs Malang Raya. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 6-12.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Hayon, V. H. B., Wariani, T., & Naen, A. B. (2024). WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SDN OEFOE KECAMATAN ROTE BARAT . Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(3), 804–816. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3792

Issue

Section

Articles

Citation Check