WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH KABUPATEN MEMPAWAH
DOI:
https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3732Keywords:
Artificial Intelligence, Inovatif, Media PembelajaranAbstract
Kurangnya pengetahuan guru tentang berbagai aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang berbasis teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran menyebabkan tidak adanya pengintegrasian penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Tanjungpura melaksanakan kegiatan workshop Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Artificial Intelligence (AI). Kegiatan ini bertujuan untuk membekali guru tentang konsep pembelajaran abad 21 dan media pembelajaran inovatif Berbasis Artificial Intelligence (AI) yang bisa digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Kegiatan dihadari oleh 30 guru-guru MGMP Madrasah tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Hasil kegiatan menunjukan bahwa guru-guru memahami dengan sangat baik beberapa aplikasi AI seperti DuoLingo, Elsa Speak, ChatGPT, dan lain- lain dan sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan sangat baik dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
References
Alharbi, W. (2023). AI in the Foreign Language Classroom: A Pedagogical Overview of Automated Writing Assistance Tools. Hindawi Education Research International. 2023, 1-15.
Al Mukhallafi, T. R. (2020). Using Artificial Intelligence for Developing English Language Teaching/Learning: An Analytical Study from University Students’ Serspective. International Journal of English Linguistics, 10(6), 40-53.
Bria. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi AI bagi para Guru SMPN Satap Lorobauna dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5 (1), 580-587
Hovsepyan, T. (2022) AI integration in language learning. Available at https://plat.ai/blog/ai-integration-in-language-learning/
Linuma, M. (2016). Learning and Teaching with Technology in the knowledge Society New Literacy, Collaboration and Digital Content. Tokyo: Springer.
Keerthiwansha, N. W. B. S. (2018). Artificial intelligence education (AIEd) in
English as a second language (ESL) classroom in Sri Lanka. International Journal of Conceptions on Computing and Information Technology, 6 (1), 31-36.
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2005). Teachers Learning Technology by Design. Journal of Computing in Teacher Education, 21(3), 94–102.
Pikhart, M. (2020). Intelligent Information Processing for Language Education: The Use of Artificial Intelligence in Language Learning Apps. 24th International Conference on Knowledge-Based and Intelligent Information & Engineering Systems. Available at www.sciencedirect.com
Surya. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran bagi Guru Berbasis Artificial Intelligence pada SMAN 5 Pekanbaru. J-PEMAS STMIK Amik Riau, 5 (1), 25-30
Suryani, et al (2023). Literasi Digital dalam Pengembangan Media Pembelajaran Guru SMKN 1 Gowa Berbasis AI. Community Development Journal, 4 (2), 4636-4643
Yang, G. (2020). The Application of Artificial Intelligence in English Teaching. International Journal of Frontiers in Sociology, 2(3) DOI: 10.25236/IJFS.2020.020309
Yu Lu, S. Y. (2021). An Introduction to Artificial Intelligence in Education. Singapore: Springer
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Endang Susilawati, Yanti Sri Rezeki, Wardah, Urai Salam, Surmiyati, Sy. Husin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.