WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH KABUPATEN MEMPAWAH

Authors

  • Endang Susilawati Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Yanti Sri Rezeki Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Wardah Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Urai Salam Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Surmiyati Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Sy. Husin Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3732

Keywords:

Artificial Intelligence, Inovatif, Media Pembelajaran

Abstract

Kurangnya pengetahuan guru tentang berbagai aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang berbasis teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran menyebabkan tidak adanya pengintegrasian penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Tanjungpura melaksanakan kegiatan workshop Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Artificial Intelligence (AI). Kegiatan ini bertujuan untuk membekali guru tentang konsep pembelajaran abad 21 dan media pembelajaran inovatif Berbasis Artificial Intelligence (AI) yang bisa digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Kegiatan dihadari oleh 30 guru-guru MGMP Madrasah tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Hasil kegiatan menunjukan bahwa guru-guru memahami dengan sangat baik    beberapa aplikasi AI seperti DuoLingo, Elsa Speak, ChatGPT, dan lain- lain dan sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan sangat baik dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

References

Alharbi, W. (2023). AI in the Foreign Language Classroom: A Pedagogical Overview of Automated Writing Assistance Tools. Hindawi Education Research International. 2023, 1-15.

Al Mukhallafi, T. R. (2020). Using Artificial Intelligence for Developing English Language Teaching/Learning: An Analytical Study from University Students’ Serspective. International Journal of English Linguistics, 10(6), 40-53.

Bria. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi AI bagi para Guru SMPN Satap Lorobauna dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5 (1), 580-587

Hovsepyan, T. (2022) AI integration in language learning. Available at https://plat.ai/blog/ai-integration-in-language-learning/

Linuma, M. (2016). Learning and Teaching with Technology in the knowledge Society New Literacy, Collaboration and Digital Content. Tokyo: Springer.

Keerthiwansha, N. W. B. S. (2018). Artificial intelligence education (AIEd) in

English as a second language (ESL) classroom in Sri Lanka. International Journal of Conceptions on Computing and Information Technology, 6 (1), 31-36.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2005). Teachers Learning Technology by Design. Journal of Computing in Teacher Education, 21(3), 94–102.

Pikhart, M. (2020). Intelligent Information Processing for Language Education: The Use of Artificial Intelligence in Language Learning Apps. 24th International Conference on Knowledge-Based and Intelligent Information & Engineering Systems. Available at www.sciencedirect.com

Surya. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran bagi Guru Berbasis Artificial Intelligence pada SMAN 5 Pekanbaru. J-PEMAS STMIK Amik Riau, 5 (1), 25-30

Suryani, et al (2023). Literasi Digital dalam Pengembangan Media Pembelajaran Guru SMKN 1 Gowa Berbasis AI. Community Development Journal, 4 (2), 4636-4643

Yang, G. (2020). The Application of Artificial Intelligence in English Teaching. International Journal of Frontiers in Sociology, 2(3) DOI: 10.25236/IJFS.2020.020309

Yu Lu, S. Y. (2021). An Introduction to Artificial Intelligence in Education. Singapore: Springer

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Susilawati, E., Rezeki, Y. S., Wardah, Salam, U., Surmiyati, & Husin, S. (2024). WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH KABUPATEN MEMPAWAH . Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(3), 693–704. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i3.3732

Issue

Section

Articles

Citation Check